ANALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) (Studi Kasus Pada UD. Bangkit, Kab. Sinjai Sulawesi Selatan)

AMIN, WAHYUDIN ANDI (2024) ANALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) (Studi Kasus Pada UD. Bangkit, Kab. Sinjai Sulawesi Selatan). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (542kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2027.

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2027.

Download (124kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2027.

Download (296kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (466kB)

Abstract

Mendongkrak nilai ekonomi komoditas rumput laut, sejumlah tantangan signifikan yang ditemui pelaku usaha industri rumput laut termasuk tata kelola rantai pasok antara industri hulu dengan hilir yang terlalu panjang dan tidak efisien. UD Bangkit sebagi pelaku usaha bisnis rumput laut dalam rantai pasok memiliki persaingan dalam menghadapi tingkat efesiensi biaya dari rantai pasok yang terjalin.Tujuan penelitian ini adalah mengkaji mekanisme manajemen rantai pasok rumput laut di UD Bangkit, menganalisis kinerja rantai pasok rumput laut pada UD Bangkit. Kegiatan penelitian dilaksanakan di UD Bangkit. Metode penelitian dengan menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik non-random yaitu purposive sampling. Analisis data dengan pendekatan model SCOR, Pembobotan dihitung dengan menggunakan AHP. Hasil diperoleh mekanisme rantai pasok rumput laut pada UD. Bangkit terdiri dari pemasok, pedagang kecil, pedagang besar, UD Bangkit dan konsumen akhir dalam hal ini Eksportir/Trader tidak berjalan dengan baik, termasuk tata kelola rantai pasoknya mulai dari proses produksi hingga pemasaran memiliki rantai yang panjang dan tidak efisien serta penerapan konsep strategi just in time belum maksimal. Hal ini menyebabkan perusahaan tidak kompetitif dan tidak berdaya saing. Aliran yang berjalan dalam mekanisme rantai pasok rumput laut adalah aliran produk (material rumput laut), aliran finansial (sistem pembayaran tunai dan transfer serta tempo pembayaran) dan aliran informasi terkait informasi harga, informasi pasar, kualitas, kuantitas, dan jumlah produksi rumput laut yang tersedia. Pengukuran Performance Attributes UD Bangkit dengan menggunakan pendekatan SCOR dan AHP diperoleh nilai akhir 58.11 dapat dikatakan performa rantai pasok dalam kategori rata-rata (average).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorINDAH, PAWANA NURUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAMIR, INDRA TJAHAJAUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness
Depositing User: Wahyiddin Andi Amin
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:11
Last Modified: 31 Jul 2024 05:11
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28029

Actions (login required)

View Item View Item