PENGUKURAN PENERIMAAN PENGGUNA MOBILE BANKING MENGGUNAKAN TAM DENGAN VARIABEL TAMBAHAN LAYANAN PELANGGAN DAN PERSEPSI KEAMANAN (Studi Kasus : Jconnect Mobile)

Putri, Callista Harnit (2024) PENGUKURAN PENERIMAAN PENGGUNA MOBILE BANKING MENGGUNAKAN TAM DENGAN VARIABEL TAMBAHAN LAYANAN PELANGGAN DAN PERSEPSI KEAMANAN (Studi Kasus : Jconnect Mobile). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
20082010076_Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
20082010076_Bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2)
20082010076_Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
20082010076_Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4)
20082010076_Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5)
20082010076_Bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010076_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Lampiran)
20082010076_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk industri perbankan. Salah satu inovasi dalam sektor perbankan adalah pengembangan layanan mobile banking, yang memudahkan nasabah mengakses layanan perbankan melalui perangkat seluler. Bank Jatim, melalui aplikasinya Jconnect Mobile, berupaya memberikan layanan perbankan yang inovatif dan mudah diakses. Namun, data menunjukkan bahwa hanya 7,7% dari total nasabah Bank Jatim yang menggunakan Jconnect Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penerimaan pengguna terhadap aplikasi Jconnect Mobile dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). TAM adalah model yang digunakan untuk memahami bagaimana pengguna menerima dan menggunakan teknologi informasi. Penelitian ini juga mengintegrasikan variabel eksternal, yaitu Customer Service and Support serta Perceived Security, untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif. Sampel yang diambil sebanyak 400 responden pengguna aplikasi Jconnect Mobile. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis SEM-PLS dengan software SPSS dan SmartPLS untuk menguji hubungan antara variabel-variabel TAM dan variabel eksternal dengan penerimaan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Usefulness berpengaruh signifikan terhadap Perceived Ease of Use, Perceived Trust, dan Perceived Attitude, serta Behavioral Intention to Use. Selain itu, Perceived Trust berpengaruh signifikan terhadap Customer Service and Support, Perceived Ease of Use, dan Perceived Security. Perceived Security juga berpengaruh signifikan terhadap Perceived Ease of Use, sementara Perceived Ease of Use berpengaruh signifikan terhadap Perceived Attitude dan Behavioral Intention to Use. Namun, tidak ditemukan pengaruh signifikan antara Perceived Trust serta Perceived Ease of Use terhadap Perceived Attitude. Kata kunci: Mobile banking, aplikasi Jconnect Mobile, TAM, SEM-PLS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratama, AristaNIDN0020039101aristapratama.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSafitri, Eristya MayaNIDN0016039304maya.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Callista Harnit Putri
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:01
Last Modified: 25 Jul 2024 08:01
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27300

Available Versions of this Item

  • PENGUKURAN PENERIMAAN PENGGUNA MOBILE BANKING MENGGUNAKAN TAM DENGAN VARIABEL TAMBAHAN LAYANAN PELANGGAN DAN PERSEPSI KEAMANAN (Studi Kasus : Jconnect Mobile). (deposited 25 Jul 2024 08:01) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item