DESAIN UI/UX APLIKASI HAFALAN AL-QUR’AN UNTUK GENERASI Z MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

Hanifa, Fatya (2024) DESAIN UI/UX APLIKASI HAFALAN AL-QUR’AN UNTUK GENERASI Z MENGGUNAKAN DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran' Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20082010047_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
20082010047_Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2)
20082010047_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
20082010047_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (562kB)
[img] Text (Bab 4)
20082010047_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (11MB)
[img] Text (Bab 5)
20082010047_Bab 5.pdf

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010047_Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)
[img] Text (Lampiran)
20082010047_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 22 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran untuk menghafal Al-Qur'an telah tersebar ke berbagai kalangan yang bersifat kecil dan individu juga termasuk generasi Z. Namun, terdapat educational achievement gap pada generasi Z yang tidak memiliki kesempatan untuk berada di pondok pesantren yang mendapatkan bimbingan menghafalkan AlQur’an. Generasi Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lainnya karena menjadi generasi pertama yang memiliki akses terhadap teknologi komunikasi digital berskala luas sehingga membutuhkan pendekatan yang mendalam untuk memahami generasi ini. Desain antarmuka aplikasi hafalan AlQur’an menggunakan metode design thinking dengan fokus utamanya generasi Z adalah solusi dari permasalahan ini untuk menghindari adanya kegagalan pemrograman tanpa melakukan pemahaman terhadap kebutuhan generasi Z. Penggunaan metode design thinking berfokus pada kebutuhan pengguna dan permasalahan yang dialami oleh pengguna dengan melakukan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian dilakukan secara berulang sehingga menghasilkan hasil yang optimal dengan menggunakan usability testing dan heuristic evaluation. Hasil pengujian setelah dilakukan dua iterasi menghasilkan nilai akhir learnability 89%, efficiency 92%, memorability 91%, errors 0.20, dan satisfaction yang menunjukkan bahwa desain antarmuka sudah di atas rata-rata dari lima guru mengaji serta learnability 87%, efficiency 81%, memorability 90%, errors 0.22, dan satisfaction yang menunjukkan bahwa desain antarmuka sudah di atas rata-rata dari lima murid. Hasil pengujian heuristik tidak ditemukan permasalahan usability oleh evaluator heuristik sehingga dapat disimpulkan bahwa desain antarmuka sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPermatasari, ReisaNIDN0014059203reisa.permatasari.sifo@upnjatim.ac.id
Thesis advisorKartika, Dhian Satria YudhaNIDN0722058601dhian.satria@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Fatya Hanifa
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:50
Last Modified: 22 Jul 2024 08:50
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27060

Actions (login required)

View Item View Item