ANALISIS AERODINAMIKA PADA BODI MOBIL KALIMASADA TIPE URBAN CONCEPT EV (ELECTRIC VEHICLE) DENGAN PENDEKATAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)

Wahyu, Aditya Setya Putra (2024) ANALISIS AERODINAMIKA PADA BODI MOBIL KALIMASADA TIPE URBAN CONCEPT EV (ELECTRIC VEHICLE) DENGAN PENDEKATAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20036010009-Cover.pdf

Download (984kB)
[img] Text (Bab 1)
20036010009-Bab 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text (Bab 2)
20036010009-Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2026.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
20036010009-Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2026.

Download (312kB)
[img] Text (Bab 4)
20036010009-Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2026.

Download (590kB)
[img] Text (Bab 5)
20036010009-Bab 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20036010009-Daftarpustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text (Lampiran)
20036010009-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mobil Kalimasada merupakan salah satu jenis kendaraan bertenaga listrik yang dikembangkan dan dirancang oleh mahasiswa teknik mesin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dalam ajang perlombaan kontes mobil hemat energi yang diadakan oleh pihak kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Tujuan dari analisis penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai koefisien gaya hambat dan koefisien gaya angkat serta dapat memahami visualisasi kontur distribusi tekanan maupun kecepatan pada fluida udara yang melintasi bentuk bodi mobil listrik Kalimasada dengan menggunakan metode CFD (Computational Fluid Dynamics). Variasi kecepatan pada proses simulasi aerodinamis kendaraan meliputi 8,3 m/s, 11,1 m/s, dan 13,8 m/s. Hasil yang didapatkan pada proses simulasi aerodinamis pada bentuk bodi mobil Kalimasada diperoleh nilai koefisien gaya hambat tertinggi sebesar 0,268 pada kecepatan 8,3 m/s, dan nilai koefisien gaya hambat terendah sebesar 0,261 pada kecepatan 13,8 m/s, dengan rata-rata nilai koefisien gaya hambat sebesar 0,264. Kemudian pada hasil nilai koefisien gaya angkat terendah sebesar -0,111 pada kecepatan 8,3 m/s, dan nilai tertinggi koefisien gaya angkat sebesar -0,130 pada kecepatan 13,8 m/s, dengan nilai rata – rata koefisien gaya angkat sebesar -0,121. Seiring bertambahnya laju kecepatan, maka nilai koefisien gaya hambat bodi mobil listrik Kalimasada semakin tinggi Hasil penelitian yang diharapkan adalah dapat memberi kontribusi dan hasil desain kendaraan tertutama pada kendaraan listrik menjadi lebih optimal, dengan harapannya pada penelitian lanjutan dapat membuat produk kendaraan dapat dimanfaatkan oleh kepentingan internal kampus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAhmad Khairul, Faizin21119930120299UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Mechanical Engineering
Depositing User: WAHYU ADITYA SETYA PUTRA
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:23
Last Modified: 22 Jul 2024 07:23
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item View Item