PERAN JOB SATISFACTION MEMEDIASI PENGARUH WORK PRESSURE DAN WORK OVERLOAD TERHADAP TURNOVER INTENTION DI PT. ADMINISTRASI MEDIKA

Pebriasanty, Neny Dwi (2024) PERAN JOB SATISFACTION MEMEDIASI PENGARUH WORK PRESSURE DAN WORK OVERLOAD TERHADAP TURNOVER INTENTION DI PT. ADMINISTRASI MEDIKA. Masters thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text
cover neny.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.

Download (360kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.

Download (217kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.

Download (581kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf

Download (14kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Dapus.pdf

Download (83kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.

Download (858kB)

Abstract

Industri dunia kesehatan telah berkembang pesat, tumbuhnya perushaan Third Party Administration (TPA) menjadi badan administratif sebagai pihak ketiga untuk memberikan penjaminan klaim asuransi kesehatan yang terintegrasi dengan sistem digitalisasi. Meningkatnya mitra kerjasama perusahaan turut mendorong perushaan untuk memiliki karyawan yang kompeten dalam jumlah besar guna mempertahankan keberlanjutan bisnis yang optimal. Penelitian dengan metode kuantitative ini menggunakan Lazarus Job Stress Teori dan Teori kebutuhan dari Abraham Maslow sebagai konsep kepuasan kerja untuk menekan kondisi turnover intention pada perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh : (1) Work Pressure terhadap Turnover Intention, (2) Work Overload terhadap Turnover Intention, (3) Work Pressure terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction, (4) Work Overload terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction di PT. Administrasi Medika. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Administrasi Medika. Dalam penelitian ini membutuhkan sampe sebanyak 95 karyawan outsorcing dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument kuesioner yang dibagikan kepada responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan metode SmartPLS software. Hasil penelitian ini adalah : (1) Work Pressure memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan Turnover Intention, (2) Work Overload memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan Turnover Intention, (3) Work Pressure memberikan kontribusi terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction, (4) Work Overload memberikan kontribusi terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction. Penelitainn ini dapat di simpulkan bahwa work pressure dan work overload berkontorbusi terhadap turnover intention melalui mekanisme kepuasan kerja. Beban kerja yang terus terjadi dan tress kerja yang di alamai oleh karyawan harus di kendalikan melalui mekanisme pengelolaan manajemen yang tepat untuk mengurangi kondisi burnout yang dapat meningkatkan niat untuk berpindah kerja. Kata Kunci : Work Pressure, Work Overload, Turnover Intention, dan Job Satisfaction.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSukarno, GendutNIDN5973062sukarnogendut@yahoo.com
Thesis advisorAnwar, MuhadjirNIDN5991970muhadjira.ma@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic > Magister Management
Depositing User: Neny Dwi Pebriasanty
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:27
Last Modified: 18 Jul 2024 02:27
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item View Item