PENERAPAN METODE USER-CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL IPUSNAS BERDASARKAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA

Karin, Ayu Andhini Mutya (2024) PENERAPAN METODE USER-CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL IPUSNAS BERDASARKAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
20082010114_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
20082010114_BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
20082010114_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 12 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
20082010114_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 12 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
20082010114_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 12 July 2027.

Download (80MB)
[img] Text (BAB V)
20082010114_BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20082010114_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20082010114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya minat baca di Indonesia tidak lepas dari beberapa faktor penghambat. Salah satu penghambat terbesar adalah keterbatasan akses ke perpustakaan, buku dan sumber literasi lainnya. Untuk itu, Perpusnas melakukan upaya mengembangkan layanan perpustakaan digital, yakni iPusnas. Namun, transformasi digital ini tidak selalu berjalan mulus. Beberapa pengguna mengatakan bahwa tampilan aplikasi iPusnas dinilai terlalu old-fashioned, membosankan dan membingungkan. Beberapa pengguna juga mengeluhkan tidak adanya fitur sort and filter, pengelompokkan buku, dan sebagainya. Untuk itu, perlu dilakukan perancangan ulang. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) untuk mengetahui seluruh kebutuhan dan permasalahan pengguna dan membuat solusi antarmuka iPusnas. Melalui dua kali iterasi pengujian, didapatkan hasil iterasi pertama yaitu nilai System Usability Scale (SUS) mencapai 82,72 dari 100; nilai Net Promoter Score (NPS) mencapai 55.56 dari 100; dan nilai Single Ease Question (SEQ) mencapai 6.6 dan hasil iterasi kedua dengan nilai System Usability Scale (SUS) mencapai 86.27 dari 100; nilai Net Promoter Score (NPS) mencapai 73.33 dari 100; dan nilai Single Ease Question (SEQ) mencapai 6.95. Hasil evaluasi secara keseluruhan mengalami peningkatan dan sudah mencapai kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWati, Seftin Fitri AnaNIDN0020039104seftin.fitri.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorFitri, Anindo SakaNIDN0025039303anindo.saka.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Ayu Andhini Mutya Karin
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:06
Last Modified: 12 Jul 2024 07:06
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item