Pratiwi, Fahroz Dwi (2024) EVALUASI WEBSITE E-COMMERCE BUKALAPAK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.
Text (20082010038_Cover)
20082010038_Cover.pdf Download (852kB) |
|
Text (20082010038_BAB I)
20082010038_BAB I .pdf Download (339kB) |
|
Text (20082010038_ BAB II)
20082010038_ BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 3 June 2027. Download (492kB) |
|
Text (20082010038_BAB III)
20082010038_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 3 June 2027. Download (512kB) |
|
Text (20082010038_ BAB IV)
20082010038_ BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 3 June 2027. Download (543kB) |
|
Text (20082010038_ BAB V)
20082010038_ BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text (20082010038_ Daftar Pustaka)
20082010038_Daftar Pustaka .pdf Download (211kB) |
|
Text (20082010038_ Lampiran)
20082010038_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 3 May 2027. Download (1MB) |
Abstract
Bukalapak merupakan sebuah platform e-commerce terkemuka yang mengandalkan website sebagai salah satu sarana utamanya dalam memasarkan dan menjual produk. Namun, saat ini, website Bukalapak menghadapi sejumlah keluhan dari pengguna dan mengalami penurunan kunjungan situs web jika dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya di pasar e-commerce. Situasi ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam kualitas website Bukalapak. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas website Bukalapak dengan menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan tenik sampling yaitu purposive sampling serta menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel. Variabel yang digunakan dalam skripsi ini adalah variabel Webqual 4.0 yaitu variabel kualitas kegunaan (usability quality), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality). Hasil analisis kesenjangan (GAP) menunjukkan bahwa kualitas kinerja website Bukalapak belum memenuhi harapan pengguna, dengan hasil negatif pada variabel Usability Quality (-0.0118), Information Quality (-0.105), dan Service Interaction Quality (-0.10125). Analisis kuadran IPA mengidentifikasi tiga indikator utama yang harus diperbaiki, yaitu UQ6, IQ11, dan IQ14. Selain itu, terdapat beberapa indikator dengan prioritas rendah untuk perbaikan yang berada di kuadran III, yaitu UQ1, UQ4, IQ10, IQ13, SI16, SI20, dan SI22. Kata Kunci: E-commerce Bukalapak, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA), analisis kesenjangan (GAP).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Fahroz Dwi Pratiwi | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2024 04:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2024 04:47 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23989 |
Actions (login required)
View Item |