Anastasia, Anastasia (2024) INOVASI APLIKASI PRESISI DALAM LAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS PADA POLRES JOMBANG). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.
Text (Cover)
20041010074_COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab 1)
20041010074_BAB 1.pdf Download (566kB) |
|
Text (Bab 2)
20041010074_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2028. Download (203kB) |
|
Text (Bab 3)
20041010074_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2028. Download (103kB) |
|
Text (Bab 4)
20041010074_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 22 May 2028. Download (1MB) |
|
Text (Bab 5)
20041010074_BAB 5.pdf Download (51kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20041010074_DAPUS.pdf Download (113kB) |
|
Text (Lampiran)
20041010074_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 May 2028. Download (1MB) |
Abstract
Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Pasal 13, tugas pokok POLRI adalah menyediakan perlindungan, memberikan pengayoman, dan menyelenggarakan berbagai layanan kepada masyarakat, termasuk di dalamnya pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Meskipun demikian, proses pengurusan SKCK seringkali dianggap rumit dan memakan waktu yang lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kepolisian Republik Indonesia memperkenalkan inovasi layanan SKCK online melalui aplikasi PRESISI yang diterapkan di seluruh instansi Kepolisian, termasuk Polres Jombang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus SKCK dan sekaligus memangkas sedikit birokrasi di Indonesia. Inovasi ini diharapkan dapat mewujudkan pelayanan prima yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis inovasi layanan SKCK berbasis online di Polres Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memberikan gambaran luas mengenai objek yang diteliti, khususnya inovasi dalam layanan SKCK berbasis online di Polres Jombang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori inovasi layanan publik digital, yakni tujuh inovasi layanan publik digital menurut Bertot et al., 2016, sebagai berikut Transparent Digital Public Services, Participatory Digital Public Services, Anticipatory Digital Public Services, Personalized Digital Public Services, Co-Created Digital Public Services, Context�Aware Digital Public Services Dan Context-Smart Digital Public Services dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian kualitatif, keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi layanan pembuatan SKCK online secara keseluruhan dapat dikatakan berhasil karena mempermudah masyarakat dalam proses permohonan SKCK. Namun, dalam proses pengisian data pada Presisi masih terdapat kekurangan dalam analisis prediktif terkait kebutuhan warga terhadap permohonan SKCK pada aplikasi, serta kurangnya sosialisasi dari POLRI juga turut menjadi penyebab kurang pahamnya warga mengenai pelayanan SKCK online ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform J Political Science > JS Local government Municipal government |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | ANNISA AA ANASTASIA | ||||||||
Date Deposited: | 27 May 2024 07:15 | ||||||||
Last Modified: | 27 May 2024 07:15 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/22923 |
Actions (login required)
View Item |