Maulana, Dimas Ardhandi Faishal (2024) ANALISIS DAN PEMETAAN KERUSAKAN PERKERASAN JALAN BERDASARKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN METODE BINA MARGA PADA RUAS JALAN KABUPATEN MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Text (Cover)
19035010010_Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab 1)
19035010010_Bab I.pdf Download (389kB) |
|
Text (Bab 2)
19035010010_Bab II.pdf Restricted to Repository staff only until 18 April 2027. Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
19035010010_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only until 18 April 2027. Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
19035010010_Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only until 18 April 2027. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
19035010010_Bab V.pdf Download (206kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
19035010010_Daftar Pustaka.pdf Download (206kB) |
|
Text (Lampiran)
19035010010_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 18 April 2027. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan adalah bagian penting dari sistem transportasi darat yang menghubungkan berbagai tempat. Jika kerusakan jalan tidak diperbaiki segera, dapat menyebabkan masalah besar dan biaya perbaikan yang besar. Terdapat kerusakan pada perkerasan jalan di beberapa ruas jalan Kabupaten Malang, khususnya pada ruas Jalan Lingkar Barat Kepanjen – Jalan Raya Slorok. Metode pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Bina Marga yang mengacu berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, metode ini merupakan salah satu metode yang sering digunakan di Indonesia dalam penentuan kerusakan jalan yang memiliki hasil akhir berupa nilai urutan prioritas serta bentuk penanganan yang sesuai dengan nilai urutan prioritas yang didapatkan, metode ini menggabungkan nilai yang didapat dari survei jenis kerusakan dan survei LHR. Kemudian dilakukannya pemetaan dari kondisi kerusakan jalan tersebut menggunakan alat bantu Sistem Informasi Geografis. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober – 05 November 2023, pengambilan data survei LHR dilaksanakan pada hari Senin, Kamis, dan Minggu pada pukul 07.00 – 18.00 WIB. Pemilihan lokasi penelitian berada di ruas Jalan Lingkar Barat Kepanjen, Jalan Raya Talangagung, Jalan Raya Jatikerto dan Jalan Raya Slorok. Berdasarkan hasil pengamatan selama di lapangan didapatkan bahwa pada ruas Jalan Lingkar Barat Kepanjen arah menuju Kab. Blitar didapatkan volume maksimum tertinggi terjadi pada hari Kamis sebesar 943,8 smp/jam yang terjadi pada pukul 08.30 – 08.45, pada ruas Jalan Lingkar Barat Kepanjen arah menuju Kota Malang didapatkan volume maksimum tertinggi terjadi pada hari Senin sebesar 1127,4 smp/jam yang terjadi pada pukul 16.30 – 16.45, pada ruas Jalan Raya Talangagung didapatkan volume maksimum tertinggi terjadi pada hari 1604,6 smp/jam yang terjadi pada pukul 17.30 – 17.45, pada ruas Jalan Raya Jatikerto didapatkan volume maksimum tertinggi terjadi pada hari Senin sebesar 2077,3 smp/jam yang terjadi pada pukul 16.30 – 16.45, pada ruas Jalan Raya Slorok didapatkan volume maksimum tertinggi terjadi ada hari Senin sebesar 1988 smp/jam yang terjadi pada pukul 16.15 – 16.30. Hasil perhitungan metode Bina Marga pada Jalan Lingkar Barat Kepanjen dan Jalan Raya Jatikerto didapatkan nilai urutan prioritas sebesar 3 dan jalan masuk dalam program peningkatan. Sedangkan Jalan Raya Talangagung dan Jalan Raya Slorok didapatkan nilai urutan prioritas sebesar 5 dan jalan masuk dalam program pemeliharaan berkala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | Dimas Ardhandi Faishal Maulana Ardhandi | ||||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2024 07:09 | ||||||||
Last Modified: | 19 Apr 2024 07:09 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/21780 |
Actions (login required)
View Item |