Ferziah, Yariza Tasya and Eriyanti, Vivi and Berliani, Fasela Arta and Arum, Yatasya Aimima Margi and Ariffadin, Salsabila Putri and Ferdiansyah, Charrel and Herianto, Laura Mirela and Putri, Deffiani Aktaviani and Putra, Agam Syahreza (2025) OPTIMALISASI BRANDING WISATA KAMPUNG JAWI DI KELURAHAN PACARKELING KЕСАМАTAN TAMBAKSARI KOTA SURABAYA. Technical Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKАТ UPN "VETERAN" JAWA TIMUR, Surabaya. (Unpublished)
![]() |
Text (COVER)
COVER & ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 12 September 2028. Download (32MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only until 12 September 2028. Download (8MB) |
Abstract
Indonesia terdiri atas 17.508 pulau yang terdiri darijajaran pulau terbesar di dunia diantaranya Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Pada Provinsi Jawa Timur yang tergabung dalam Pulau Jawa tepatnya di Kota Surabaya terdapat Kelurahan Pacarkeling yang memiliki icon dinamakan Kampung Jawi sebagai bentuk inovasi dalam pelestarian Budaya Jawa. Kampung Jawi bertempat di Jalan Pacarkeling II RT 02 RW X dan terbentuk sejak mengikuti kegiatan lomba SSC (Surabaya Smart City) tahun 2019. Kampung Jawi memiliki peluang potensi yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata, dengan ciri khas penggunaan bahasa Jawa sehari-hari dan tema yang mereka angkat yaitu Kebudayaan Jawa. Untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Kampung Jawi maka Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur melaksanakan KKNT-MBKM dalam rangka optimalisasi branding wisata Kampung Jawi sehingga Kampung Jawi dapat menjadi desa wisata yang dikenal oleh masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam dalam melaksanakan program kerja yaitu pendekatan kepada warga Kelurahan Pacarkeling khususnya Kampung Jawi dan melanjutkan penggalian potensi yang ada. Hasil yang didapatkan dalam menjalankan KKNT-MBKM yaitu terbentuknya POKDARWIS sebagai pelopor dalam pelaksanaan pengembangan desa wisata. Selain itu, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini maka dibuatlah akun media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube sebagai media branding yang dapat memperkenalkan dan mempromosikan Kampung Jawi kepada khalayak luas. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan KKNT-MBKM oleh Mahasiswa xi Kelompok 80 UPN "Veteran" Jawa Timur dapat mendorong dan memotivasi warga setempat agar dapat lebih giat dan bersemangat untuk kembali mengembangkan Kampung Jawi sebagai desa wisata sehingga dapat dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas.
Item Type: | Monograph (Technical Report) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Perpustakaan Pusat | ||||||||
Depositing User: | Laura Mirela Herianto | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:27 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:27 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/43001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |