STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA OUD SOERABAJA HUNTER DALAM MEMPERKENALKAN WISATA HERITAGE DI KOTA TUA SURABAYA

Maqfirra Erwanti, Chryssantania (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA OUD SOERABAJA HUNTER DALAM MEMPERKENALKAN WISATA HERITAGE DI KOTA TUA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Oud Soerabaja Hunter (OSH) dalam memperkenalkan wisata heritage di kawasan Kota Tua Surabaya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana OSH mempromosikan pariwisata warisan budaya melalui wawancara mendalam dan observasi. OSH dipilih sebagai objek penelitian karena perannya yang aktif dan konsisten dalam melestarikan, mendokumentasikan, serta mempromosikan sejarah dan budaya Kota Tua Surabaya. Temuan menunjukkan bahwa OSH mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dengan mengintegrasikan konsep marketing mix 7P. Strategi ini mencakup pengembangan "produk" berupa tur jalan kaki ("walking tour") yang unik dan otentik, mengajak peserta menjelajahi spot-spot hidden gem seperti bangunan kolonial tua yang sering terabaikan. "Orang" atau pemandu wisata OSH memiliki kemampuan storytelling yang interaktif dan berpengetahuan luas, menciptakan koneksi personal dengan peserta dan menyampaikan narasi sejarah secara menarik. Dari sisi "promosi", OSH memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk membangun kesadaran merek dan keterlibatan audiens melalui konten visual sejarah yang konsisten dan menarik. Komunitas ini juga aktif berkolaborasi dengan berbagai merek dan institusi untuk memperluas jangkauan promosi. Peningkatan jumlah peserta tur dari tahun ke tahun menunjukkan antusiasme dan kepercayaan publik terhadap OSH. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya strategi komunikasi promosi yang kreatif dan personal dalam mengembangkan potensi wisata heritage, terutama mengingat data bahwa objek wisata sejarah belum termasuk dalam enam kelompok objek wisata populer di Indonesia. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Wisata Heritage, Kota Tua Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustika Chairil, AugustinNIDN0008089304Augustin.mustika.Ilkom@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Chryssantania Maqfirra Erwanti
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:13
Last Modified: 21 Jul 2025 07:13
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/39817

Actions (login required)

View Item View Item