TUGAS AKHIR PERANCANGAN BUKU CERITA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NILAI SOSIAL MELALUI PERIBAHASA UNTUK USIA 10-12 TAHUN

Tunjungwangi, Gadis Cantik Bunga (2025) TUGAS AKHIR PERANCANGAN BUKU CERITA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NILAI SOSIAL MELALUI PERIBAHASA UNTUK USIA 10-12 TAHUN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21052010105 - Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
21052010105 - Bab 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text (Bab 2)
21052010105 - Bab 2 .pdf
Restricted to Repository staff only until 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
21052010105 - Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
21052010105 - Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 2027.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5)
21052010105 - Bab 5.pdf

Download (700kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21052010105 - Daftar Pustaka.pdf

Download (771kB)
[img] Text (Lampiran)
21052010105 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah proses seseorang mempelajari sesuatu dalam bidang akademis maupun non-akademis secara formal dan informal. Salah satu pendidikan yang penting untuk diajarkan adalah pendidikan nilai sosial. Namun, menurut hasil kuesioner yang telah disebar, 52,3% dari 105 responden berpendapat bahwa anak-anak usia 10-12 tahun masih kurang mampu menerapkan nilai sosial dengan baik, dan 86,7% responden berpendapatpembelajaran nilai sosial tidak cukup diajarkan di sekolah saja. Oleh karena itu diperlukannya media yang dapat digunakan untuk mengajarkan nilai sosial tidak hanya di sekolah tapi juga di luar sekolah. Perancangan ini bertujuan untuk merancang buku cerita interaktif yang mengajarkan nilai sosial kepada anak-anak usia 10-12 tahun, dengan fokus utama nilai sosial sesuai dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tahun 2016 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa nilai mandiri, religius, integritas, gotong royong, dan nasionalis. Nilai sosial diajarkan melalui cerita yang berisikan peribahasa sesuai dengan nilai sosial yang akan diajarkan. Peribahasa digunakan dalam perancangan ini dikarenakan peribahasa adalah sebuah kalimat ungkapan yang berisikan nasihat dan pelajaran nilai sosial yang berdasarkan kejadian dalam kehidupan bermasyarakat. Pengumpulan data dalam perancangan ini adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Data primer dikumpulkan dari wawancara kepada guru sekolah dasar dan ilustrator buku anak, serta penyebaran kuesioner kepada keluarga anak dan anak usia 10-12 tahun. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana keseharian dan sifat anak, serta cara merancang buku yang sesuai untuk anak usia 10-12 tahun. Sedangkan data sekunder dikumpulkan dengan analisis buku, artikel, dan observasi sekolah maupun toko buku. Media utama yang digunakan dalam perancangan ini adalah buku cerita cetak dengan gaya ilustrasi kartun, menggunakan warna hangat untuk menciptakan suasana ceria, menggunakan warna dingin untuk menciptakan suasana yang serius, menggunakan bahasa yang sederhana, dan dengan tambahan ilustrasi interaktif berupa Pop-Up, Lift The Flap, dan Pull Tab untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat anak terhadap nilai yang diajarkan. Perancangan ini diharapkan dapat membantu tenaga pendidik, keluarga anak, dan masyarakat dalam meningkatkan nilai sosial anak-anak usia 10-12 tahun. Kata Kunci: Buku anak, Anak-anak, Nilai sosial, Peribahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasnuna, MasnunaNIDN0012058403masnuna.dkv@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSetiawan, BayuNIDN0028079105BAYUSETIAWAN.DKV@upnjatim.ac.id
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Gadis Cantik Bunga Tunjungwangi
Date Deposited: 13 Jun 2025 08:01
Last Modified: 13 Jun 2025 08:01
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/37582

Actions (login required)

View Item View Item