STRATEGI PEMASARAN GLOBAL SAMSUNG ELECTRONICS MENGGUNAKAN CELEBRITY ENDORSEMENT FIGUR K-POP “BTS” DI INDONESIA TAHUN 2020-2024 STUDI KASUS: PRODUK PONSEL DAN AKSESORI

Ramadhan, Saniyyah Putri (2025) STRATEGI PEMASARAN GLOBAL SAMSUNG ELECTRONICS MENGGUNAKAN CELEBRITY ENDORSEMENT FIGUR K-POP “BTS” DI INDONESIA TAHUN 2020-2024 STUDI KASUS: PRODUK PONSEL DAN AKSESORI. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21044010080-cover.pdf

Download (557kB)
[img] Text (Bab 1)
21044010080-bab1.pdf

Download (613kB)
[img] Text (Bab 2)
21044010080-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2027.

Download (299kB)
[img] Text (Bab 3)
21044010080-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
21044010080-bab4.pdf

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21044010080-daftarpustaka.pdf

Download (278kB)

Abstract

Samsung Electronics Co., Ltd. merupakan perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan yang berhasil memimpin puncak pasar global industri smartphone. Keberhasilan yang diraih oleh Samsung tentunya tidak lepas dari pengaruh strategi pemasaran global yang dijalankan oleh Samsung sebagai perusahaan multinasional asing untuk dapat menembus pasar Indonesia. Pesatnya perkembangan budaya Korea Selatan di Indonesia cenderung membuat keberadaannya diterima secara positif oleh publik, bahkan hingga menyebabkan fenomena “Korean Wave”. Besarnya dampak Korean Wave di Indonesia membuat budaya Korea Selatan banyak diimplementasikan untuk mempromosikan produk di berbagai sektor kehidupan, salah satunya ponsel pintar (smartphone). Samsung menjadi salah satu perusahaan yang memanfaatkan dampak Korean Wave ini untuk mempromosikan produknya. Penelitian ini menelaah strategi pemasaran global Samsung Electronics di Indonesia yang memanfaatkan fenomena dan tren global Korean Wave, melalui kerja sama celebrity endorsement yang dilakukan Samsung bersama dengan figur K-Pop Bangtan Sonyeondan (BTS) di Indonesia pada tahun 2020 hingga tahun 2024. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dan menggunakan teori global marketing strategy, marketing mix, dan celebrity endorsement. Penelitian ini menemukan bahwa Samsung giat melakukan promosi bersama dengan BTS sepanjang tahun 2020 hingga tahun 2024. Samsung banyak melakukan promosi melalui media sosial dan juga menyediakan bonus khusus kepada pelanggan dalam pembelian ponsel tertentu. Kata kunci: Strategi Pemasaran Global, Samsung, Korean Wave

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRasyidah, ResaNIDN0731108602resa_rasyidah.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Saniyyah Putri Ramadhan
Date Deposited: 26 May 2025 01:20
Last Modified: 26 May 2025 01:20
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36487

Actions (login required)

View Item View Item