PEMETAAN GLOBAL MUSIC VALUE CHAIN: STUDI KASUS SUPERM – “THE 1ST MINI ALBUM” TAHUN 2019 - 2020 DI BAWAH SM ENTERTAINMENT DAN CAPITOL MUSIC GROUP

Noor, Khalista (2025) PEMETAAN GLOBAL MUSIC VALUE CHAIN: STUDI KASUS SUPERM – “THE 1ST MINI ALBUM” TAHUN 2019 - 2020 DI BAWAH SM ENTERTAINMENT DAN CAPITOL MUSIC GROUP. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text
Khalista Noor_21044010100_COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Khalista Noor_21044010100_BAB I)
Khalista Noor_21044010100_BAB I.pdf

Download (837kB)
[img] Text (Khalista Noor_21044010100_BAB II)
Khalista Noor_21044010100_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2028.

Download (1MB)
[img] Text (Khalista Noor_21044010100_BAB III)
Khalista Noor_21044010100_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2028.

Download (502kB)
[img] Text (Khalista Noor_21044010100_BAB IV)
Khalista Noor_21044010100_BAB IV.pdf

Download (282kB)
[img] Text (Khalista Noor_21044010100_DAFTAR PUSTAKA)
Khalista Noor_21044010100_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Korean Wave telah menghasilkan penyebaran produk budaya populer Korea Selatan secara global. Salah satu hasil produk budayanya adalah industri musik K-Pop, yang menampilkan produk - produknya seperti konser di berbagai wilayah. Selain itu, industri K-pop juga mulai melibatkan aktor dari beberapa negara dalam proses produksinya. Menggunakan kasus "The First Mini Album" SuperM (2019-2020) di bawah SM Entertainment & Capitol Music Group, penelitian ini mengkaji struktur produksi musik global SM Entertainment dan Capitol Music Group, dari core function hingga support function. Pengumpulan data pada penelitian ini dari berbagai sumber resmi, seperti album CD, artikel berita, situs web resmi perusahaan, dan akun media sosial mereka. Penelitian ini secara rinci menjelaskan bagaimana produksi "The First Mini Album" SuperM melibatkan jaringan aktor lintas batas. Dengan core function menampilkan kolaborasi internasional dari Inggris, Denmark, Amerika Serikat, Jepang, dan Prancis. Dalam support function, mereka bekerja sama dengan platform digital seperti Deezer (Prancis), Spotify (Swedia), dan Joox (China). Kata Kunci: industri kreatif, global value chain, global music value chain, k-pop, sm entertainment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurbantina, Adiasri PutriNIDNadiasri.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Depositing User: Khalista Noor
Date Deposited: 20 May 2025 08:04
Last Modified: 20 May 2025 08:15
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36256

Actions (login required)

View Item View Item