Ananda Putri, Hizkia (2025) Perancangan Video Motion Graphic Edukasi Dampak Penggunaan E- Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.
![]() |
Text (Cover)
cover TA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi, terutama didukung oleh perkembangan internet, telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aktivitas jual beli. Fenomena ini mendorong pertumbuhan transaksi jual beli secara online atau yang dikenal dengan istilah belanja online. Belanja online termasuk aktivitas populer menawarkan banyak keuntungan kepada pengguna yang mendaftar. Hal ini sangat mudah digunakan dengan satu klik pada perangkat tentu saja dapat langsung belanja dari rumah semakin membantu masyarakat, Perkembangan ini turut mendorong munculnya berbagai platform e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan TikTok Shop, yang semakin memotivasi masyarakat untuk melakukan transaksi secara daring. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna e-commerce di Indonesia Pada tahun 2023 sudah terdapat 58 juta pengguna dan diprediksi akan meningkat tajam hingga pada tahun 2029. E-commerce menjadi salah satu pilar transformasi ekonomi Indonesia karena mampu menjangkau pasar luas tanpa mengganggu lingkungan. Selain itu, E-commerce menawarkan kenyamanan, berbagai pilihan produk, perbandingan harga yang menguntungkan, yang secara signifikan memengaruhi perilaku konsumtif. Berdasarkan tahun 2020, kelompok usia 18 sampai 28 tahun merupakan pengguna e-commerce terbesar, Rentang usia ini dikenal sebagai usia produktif, yang mayoritas terdiri dari mahasiswa. Dengan demikian, e-commerce memainkan peran penting dalam mengubah pola konsumsi generasi muda Indonesia di era digital Metode perancangan ini menggunakan campuran kuantitatif dan kualitatif, kedua metode ini diupayakan untuk memahami data keseluruhan yang telah dikumpulkan, seperti teknik pengumpulan data dengan metode kualitatif dengan menguraikan hasil kuesioner yang sebelumnya telah dibagikan kepada para responden dengan memperoleh 136 responden, sementara itu metode kualitatif diterapkan dengan menggambarkan hasil wawancara, observasi, dokumen, dan catatan lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts > N8600-8675 Economics of art N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament N Fine Arts > NX Arts in general |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||||||
Depositing User: | Hizkia Kia Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 08:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 08:01 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/31348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |