DHESTANTI, SALSABILA KHARIDAH (2024) EVALUASI KINERJA PADA SUROBOYO BUS KORIDOR TERMINAL PURABAYA - HALTE RAJAWALI (R1/R2). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
Text (COVER)
20035010056-cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
20035010056-bab 1.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2)
20035010056-bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 10 September 2026. Download (246kB) |
|
Text (BAB 3)
20035010056-bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 10 September 2026. Download (152kB) |
|
Text (BAB 4)
20035010056-bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 10 September 2026. Download (853kB) |
|
Text (BAB 5)
20035010056-bab 5.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20035010056-daftar pustaka.pdf Download (79kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20035010056-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 10 September 2026. Download (3MB) |
Abstract
Suroboyo Bus merupakan layanan transportasi darat yang berbasis bus modern yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Surabaya dan diperuntukkan sebagai transportasi umum serupa dengan bus kota bagi penduduk di kawasan metropolitan Kota Surabaya. Layanan ini diluncurkan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada 7 April 2018 dan pada 3 Mei 2024 rute Terminal Purabaya – Halte Rajawali (PP) diperpanjang sampai Tanjung Perak menjadi koridor Purabaya – Perak (PP). Penduduk di Kota Surabaya setiap hari melakukan pergerakan menuju Kota Surabaya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Permasalahan yang terjadi adalah masih banyak penduduk Kota Surabaya yang menggunakan kendaraan pribadi. Dengan melihat kondisi yang ada, kemacetan di Kota Surabaya dirasa sudah semakin parah. Hal itu disebabkan pertumbuhan transportasi yang ada tidak diimbangi dengan pertambahan luas jalan di Kota Surabaya. Alasan yang mendasari penulis melakukan penelitian ini karena merupakan rute terpanjang di mana melewati pusat Kota Surabaya yang padat dan ramai penumpang setiap harinya dan menjangkau banyak tempat. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sejumlah 100 responden kepada penumpang Suroboyo Bus yang pernah melewati Purabaya – Rajawali ekstensi Perak dan melakukan pengamatan langsung di lapangan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode revealed preference. Hasil dari penelitian ini diperoleh load factor jam sibuk sebesar 63%, load factor di luar jam sibuk sebesar 25%, sehingga diketahui rata-rata load factor sebesar 44%, kecepatan perjalanan angkutan sebesar 17,27 km/jam, headway rata-rata sebesar 7 menit, waktu perjalanan rata-rata sebesar 4,19 menit/km, waktu pelayanan selama 16 jam, frekuensi kendaraan sebesar 8 kend./jam, waktu tunggu rata-rata kendaraan sebesar 3 menit, jumlah kendaraan yang beroperasi sebesar 89% dan awal pelayanan pada pukul 05.30 serta akhir pelayanan pada pukul 22.00. Persentase okupansi penumpang sebesar 148%. Kata Kunci: Suroboyo Bus, Metode Revealed Preference, Evaluasi Kinerja Suroboyo Bus, Okupansi Penumpang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||||||
Depositing User: | Salsabila Kharidah Dhestanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:44 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28800 |
Actions (login required)
View Item |