EVALUASI PENERIMAAN APLIKASI SEABANK MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT2)

Imamah, Nur Tsalitsna (2024) EVALUASI PENERIMAAN APLIKASI SEABANK MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT2). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20082010029_Cover.pdf

Download (792kB)
[img] Text (Bab I)
20082010029_Bab I.pdf

Download (312kB)
[img] Text (Bab II)
20082010029_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (173kB)
[img] Text (Bab III)
20082010029_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (502kB)
[img] Text (Bab IV)
20082010029_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
20082010029_Bab V.pdf

Download (12kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010029_Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text (Lampiran)
20082010029_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Era Society 5.0 membawa perubahan signifikan dalam pemanfaatan teknologi di masyarakat global yang semakin bergantung pada internet. Sistem pembayaran non tunai semakin populer sebagai infrastruktur keuangan yang mendukung pertumbuhan teknologi keuangan. Salah satu metode pembayaran non tunai yang diminati adalah bank digital, seperti SeaBank yang menawarkan kemudahan, efisiensi, serta keamanan transaksi. SeaBank memberikan layanan rekening tabungan dengan bunga tinggi, promo menarik, dan transfer gratis, memberikan solusi finansial yang komprehensif dan praktis bagi pengguna. Namun, sejumlah pengguna mengeluhkan beberapa aspek dari aplikasi ini, seperti kesulitan dalam memperbarui data diri atau berpindah perangkat, masalah transfer antar bank dengan saldo terpotong namun dana belum masuk, serta pemblokiran akun tanpa kejelasan yang menyebabkan kesulitan bagi pengguna dalam memulihkan akun mereka. Keluhan-keluhan ini menunjukkan perlunya analisis faktor penerimaan teknologi terhadap minat dan perilaku penggunaan aplikasi SeaBank. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat dan perilaku pengguna dalam menerima aplikasi SeaBank menggunakan model UTAUT2. Sampel sebanyak 401 responden diambil dari populasi kurang lebih 10 juta pengguna SeaBank. Kemudian dilakukan analisis SEM-PLS menggunakan software SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi minat pengguna terhadap aplikasi SeaBank adalah performance expectancy, social influence, price value, dan habit. Sedangkan yang memengaruhi perilaku penggunaan aplikasi SeaBank adalah behavioral intention. Hasil tersebut didapat berdasarkan nilai p-values pada pengujian path coefficient. Dimana jika nilai p-values <0.05 dapat dikatakan bahwa hipotesis signifikan dan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratama, AristaNIDN0020039101aristapratama.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorFaroqi, AsifNIDN0019058703asiffaroqi.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: NUR TSALITSNA IMAMAH
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:11
Last Modified: 23 Jul 2024 07:11
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item View Item