Sistem Informasi Layanan Pengaduan Dan Pengajuaniklanlayanan Berbasis Website Di Dinas Komunikasi Dan Informatikakabupaten Jombang Menggunakan Metode Waterfall

Anggreani, Nilam Kumallah (2024) Sistem Informasi Layanan Pengaduan Dan Pengajuaniklanlayanan Berbasis Website Di Dinas Komunikasi Dan Informatikakabupaten Jombang Menggunakan Metode Waterfall. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
COVER FIX.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 - NILAM.pdf

Download (463kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2 - NILAM.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 - NILAM.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB 4 - NILAM.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 - NILAM.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2027.

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - NILAM.pdf

Download (355kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN - NILAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pemerintahan. Di Kabupaten Jombang, teknologi informasi dimanfaatkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik. Saat ini, sistem pengaduan dan pengajuan iklan layanan di Diskominfo Jombang menghadapi berbagai tantangan seperti kecepatan respon yang kurang optimal, kurangnya transparansi dalam penanganan pengaduan dan pengajuan, serta kesulitan dalam mengelola data pengaduan dan pengajuan karena masih menggunakan google form sebagai wadah penerimaan pengaduan dan pengajuan iklan layanan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan membangun Sistem Informasi Layanan Pengaduan Dan Pengajuan Iklan Layanan Berbasis Website di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Jombang Menggunakan Metode Waterfall. Metode ini dipilih karena pendekatannya yang linear dan sistematis, serta memungkinkan setiap tahap pengembangan, mulai dari tahap communication hingga deployment dilakukan secara bertahap dan terstruktur. Pendekatan ini memudahkan perencanaan proyek dan memastikan bahwa setiap tahap telah selesai dikerjakan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Sistem yang dikembangkan diharapkan mampu membuat layanan menjadi lebih responsif, transparan, dan terstruktur. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode Black Box Testing. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan fungsi perangkat lunak telah berjalan sesuai dengan harapan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keseluruhan sistem telah berjalan dengan baik dan tidak ada yang error. Pengujian ini mencakup berbagai proses dalam mengirimkan pengaduan serta pengajuan iklan layanan. Semua fungsi utama beroperasi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya kegagalan atau masalah teknis yang signifikan selama proses operasional. Dengan hasil pengujian ini, dapat disimpulkan bahwa sistem telah siap digunakan dan mampu memberikan kemudahan serta efisiensi dalam pengelolaan layanan pengaduan dan pengajuan iklan layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKartika, Dhian Satria YudhaNIDN0722058601dhian.satria@upnjatim.ac.id
Thesis advisorNajaf, Abdul Rezha EfratNIDN0029099403rezha.efrat.sifo@upnjatim.ac.id
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Nilam Kumallah Anggreani
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:36
Last Modified: 23 Jul 2024 04:36
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27213

Actions (login required)

View Item View Item