Karin, Ayu Andhini Mutya (2024) PENERAPAN METODE USER-CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL IPUSNAS BERDASARKAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
Text (COVER)
20082010114_COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
20082010114_BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB II)
20082010114_BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 12 July 2027. Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
20082010114_BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 12 July 2027. Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
20082010114_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 12 July 2027. Download (80MB) |
|
Text (BAB V)
20082010114_BAB V.pdf Download (84kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20082010114_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20082010114_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 July 2027. Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya minat baca di Indonesia tidak lepas dari beberapa faktor penghambat. Salah satu penghambat terbesar adalah keterbatasan akses ke perpustakaan, buku dan sumber literasi lainnya. Untuk itu, Perpusnas melakukan upaya mengembangkan layanan perpustakaan digital, yakni iPusnas. Namun, transformasi digital ini tidak selalu berjalan mulus. Beberapa pengguna mengatakan bahwa tampilan aplikasi iPusnas dinilai terlalu old-fashioned, membosankan dan membingungkan. Beberapa pengguna juga mengeluhkan tidak adanya fitur sort and filter, pengelompokkan buku, dan sebagainya. Untuk itu, perlu dilakukan perancangan ulang. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) untuk mengetahui seluruh kebutuhan dan permasalahan pengguna dan membuat solusi antarmuka iPusnas. Melalui dua kali iterasi pengujian, didapatkan hasil iterasi pertama yaitu nilai System Usability Scale (SUS) mencapai 82,72 dari 100; nilai Net Promoter Score (NPS) mencapai 55.56 dari 100; dan nilai Single Ease Question (SEQ) mencapai 6.6 dan hasil iterasi kedua dengan nilai System Usability Scale (SUS) mencapai 86.27 dari 100; nilai Net Promoter Score (NPS) mencapai 73.33 dari 100; dan nilai Single Ease Question (SEQ) mencapai 6.95. Hasil evaluasi secara keseluruhan mengalami peningkatan dan sudah mencapai kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Ayu Andhini Mutya Karin | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 07:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 07:06 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25893 |
Actions (login required)
View Item |