AGILE GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK

Prameiswary, Adinda (2024) AGILE GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
COVER ADINDA_20041010170.pdf - Cover Image

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ADINDA_20041010170.pdf

Download (556kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II ADINDA_20041010170.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2026.

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III ADINDA_20041010170.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2026.

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV ADINDA _20041010170.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2026.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V ADINDA_20041010170.pdf

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ADINDA_20041010170.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN ADINDA_20041010170.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020- 2024, pembangunan sarana air minum menjadi infrastruktur penting untuk layanan dasar. Namun, tantangan seperti Fenomena El Nino di akhir tahun 2023 menyebabkan krisis air bersih, yang berdampak kepada pelanggan berupa mampetnya aliran air di rumah mereka, air yang mengalir berwarna keruh, serta permasalahan teknis lainnya, fenomena ini menjadikan kinerja PERUMDA Giri Tirta menjadi sorotan publik. Penelitian ini bertujuan menganalisis Agile Governance dalam penyediaan air bersih oleh PERUMDA Giri Tirta menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian mencakup empat kriteria Agile Governance menurut Purwanto (2019): Value Proposition dan Agility Shift, Karakter Pemimpin yang Siap Perubahan, Citizen Centric, dan Kemampuan Investasi Sumber Daya Manusia. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, menggunakan analisis data interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PERUMDA Giri Tirta memenuhi kriteria Agile Governance, namun masih belum optimal dalam aspek karakter pemimpin yang siap perubahan dan citizen centric. Keluhan pelanggan terkait pemasangan sambungan baru dan tagihan membengkak menunjukkan perlunya komunikasi lebih transparan. Sosialisasi aplikasi Gita Ceria juga belum maksimal, terlihat dari jumlah unduhan yang rendah dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHertati, DianaNIDN5989034UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Agile Governance, Pelayanan, Air Bersih
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: ADINDA PRAMEISWARY
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:15
Last Modified: 15 Jul 2024 01:57
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25590

Actions (login required)

View Item View Item