Prameiswary, Adinda (2024) AGILE GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Text (COVER)
COVER ADINDA_20041010170.pdf - Cover Image Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I ADINDA_20041010170.pdf Download (556kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II ADINDA_20041010170.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2026. Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III ADINDA_20041010170.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2026. Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV ADINDA _20041010170.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2026. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V ADINDA_20041010170.pdf Download (188kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ADINDA_20041010170.pdf Download (141kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN ADINDA_20041010170.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2026. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020- 2024, pembangunan sarana air minum menjadi infrastruktur penting untuk layanan dasar. Namun, tantangan seperti Fenomena El Nino di akhir tahun 2023 menyebabkan krisis air bersih, yang berdampak kepada pelanggan berupa mampetnya aliran air di rumah mereka, air yang mengalir berwarna keruh, serta permasalahan teknis lainnya, fenomena ini menjadikan kinerja PERUMDA Giri Tirta menjadi sorotan publik. Penelitian ini bertujuan menganalisis Agile Governance dalam penyediaan air bersih oleh PERUMDA Giri Tirta menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian mencakup empat kriteria Agile Governance menurut Purwanto (2019): Value Proposition dan Agility Shift, Karakter Pemimpin yang Siap Perubahan, Citizen Centric, dan Kemampuan Investasi Sumber Daya Manusia. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, menggunakan analisis data interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PERUMDA Giri Tirta memenuhi kriteria Agile Governance, namun masih belum optimal dalam aspek karakter pemimpin yang siap perubahan dan citizen centric. Keluhan pelanggan terkait pemasangan sambungan baru dan tagihan membengkak menunjukkan perlunya komunikasi lebih transparan. Sosialisasi aplikasi Gita Ceria juga belum maksimal, terlihat dari jumlah unduhan yang rendah dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang aplikasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Agile Governance, Pelayanan, Air Bersih | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare J Political Science > JS Local government Municipal government |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | ADINDA PRAMEISWARY | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 08:15 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:57 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25590 |
Actions (login required)
View Item |