Reputasi Perusahaan Memediasi Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022

Yulia Mita, Vina (2024) Reputasi Perusahaan Memediasi Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2026.

Download (226kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2026.

Download (259kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2026.

Download (417kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAPUS)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan dengan reputasi perusahaan sebagai variabel mediasi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Penelitian ini dilakukan diperusahaan sub sektor makanan dan minuman karena cenderung mengalami penurunan kinerja keuangan. Faktor lain juga mendukung adanya suatu permasalahan dari Good Corporate Governance terkait adanya kinerja industri pengolahan yang mengalami perlambatan dan dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Sementara Corporate Social Responsibility terkait adanya isu terhadap sektor industri manufaktur yang paling berpengaruh dalam menghasilkan tingkat pencemaran lingkungan yang tinggi, sehingga dapat merusak reputasi perusahaan dan berdampak terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 84, serta yang dapat memenuhi kriteria penelitian sebanyak 10 perusahaan. Sementara, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 50 pengamatan. Pengujian hipotesis menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Good Corporate Governance berkontribusi terhadap reputasi perusahaan. Sementara, Corporate Social Responsibility tidak berkontribusi terhadap reputasi perusahaan. Selain itu, Good Corporate Governance dan reputasi perusahaan tidak berkontribusi terhadap kinerja keuangan, sedangkan Corporate Social Responsibility berkontribusi terhadap kinerja keuangan. Adapun reputasi perusahaan tidak cukup memiliki kontribusi dan manfaat untuk memediasi hubungan antara Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan. Kata Kunci : Reputasi Perusahaan, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusilowati, EndahNIDN0019036410endahs.ak@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Accounting
Depositing User: Vina Yulia Mita
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:47
Last Modified: 02 Jul 2024 02:47
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item View Item