Analisis Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu

Agustina, Putri Wulan (2024) Analisis Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
Coverrrr.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2026.

Download (279kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2026.

Download (292kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2026.

Download (482kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (356kB)

Abstract

Pariwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia karena pariwisata dapat menjadi sektor penghasil devisa. Namun, Indonesia masih belum bisa terlepas dari permasalahan ekonomi sosial. Permasalahan ini disebabkan oleh semakin banyak jumlah penduduk di Indonesia tetapi tidak diimbangi dengan perluasan lapangan pekerjaan dan peningkatan dari sumber daya manusia itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah wisatawan, tingkat hunian hotel, dan jumlah objek wisata terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda melalui program eviews12. Menggunakan data sekunder di BPS (Badan Pusat Statistik) berbagai daerah yang diteliti tahun 2013-2022. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen (Jumlah Wisatawan, Tingkat Hunian Hotel, Jumlah Objek Wisata) berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu. Secara parsial, variabel jumlah wisatawan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Banyuwangi sedang di Kabupaten dan Pasuruan tidak berpengaruh. Variabel tingkat hunian hotel berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja hanya di Kota Batu sedangkan di Kabuapten Banyuwangi dan Kota Batu tidak berpengaruh. Variabel jumlah objek wisata berpengaruh di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Syamsul0728085901syamsulhudafebupnjatim@gmail.com
Thesis advisorPerdana, PutraNIDN0013069006putra.perdana.ep@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Journal > Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Putri Wulan Agustina
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:22
Last Modified: 02 Jul 2024 02:22
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25381

Actions (login required)

View Item View Item