EVALUASI WEBSITE E-COMMERCE BUKALAPAK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Pratiwi, Fahroz Dwi (2024) EVALUASI WEBSITE E-COMMERCE BUKALAPAK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (20082010038_Cover)
20082010038_Cover.pdf

Download (852kB)
[img] Text (20082010038_BAB I)
20082010038_BAB I .pdf

Download (339kB)
[img] Text (20082010038_ BAB II)
20082010038_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2027.

Download (492kB)
[img] Text (20082010038_BAB III)
20082010038_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2027.

Download (512kB)
[img] Text (20082010038_ BAB IV)
20082010038_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2027.

Download (543kB)
[img] Text (20082010038_ BAB V)
20082010038_ BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text (20082010038_ Daftar Pustaka)
20082010038_Daftar Pustaka .pdf

Download (211kB)
[img] Text (20082010038_ Lampiran)
20082010038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Bukalapak merupakan sebuah platform e-commerce terkemuka yang mengandalkan website sebagai salah satu sarana utamanya dalam memasarkan dan menjual produk. Namun, saat ini, website Bukalapak menghadapi sejumlah keluhan dari pengguna dan mengalami penurunan kunjungan situs web jika dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya di pasar e-commerce. Situasi ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam kualitas website Bukalapak. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas website Bukalapak dengan menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan tenik sampling yaitu purposive sampling serta menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel. Variabel yang digunakan dalam skripsi ini adalah variabel Webqual 4.0 yaitu variabel kualitas kegunaan (usability quality), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality). Hasil analisis kesenjangan (GAP) menunjukkan bahwa kualitas kinerja website Bukalapak belum memenuhi harapan pengguna, dengan hasil negatif pada variabel Usability Quality (-0.0118), Information Quality (-0.105), dan Service Interaction Quality (-0.10125). Analisis kuadran IPA mengidentifikasi tiga indikator utama yang harus diperbaiki, yaitu UQ6, IQ11, dan IQ14. Selain itu, terdapat beberapa indikator dengan prioritas rendah untuk perbaikan yang berada di kuadran III, yaitu UQ1, UQ4, IQ10, IQ13, SI16, SI20, dan SI22. Kata Kunci: E-commerce Bukalapak, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA), analisis kesenjangan (GAP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratama, AristaNIDN0020039101UNSPECIFIED
Thesis advisorSuryanto, Tri Lathif MardiNIDN0025028902UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Fahroz Dwi Pratiwi
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:47
Last Modified: 04 Jun 2024 04:47
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item