Simarmata, Lidya Bela (2024) EVALUASI PENERIMAAN APLIKASI YOUCHAT TERHADAP PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL TAM (STUDI KASUS: PENDIDIKAN TINGGI NEGERI DI KOTA SURABAYA). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010145_Cover.pdf Download (994kB) |
|
Text (Bab 1)
20082010145_Bab 1.pdf Download (346kB) |
|
Text (Bab 2)
20082010145_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 3 June 2027. Download (448kB) |
|
Text (Bab 3)
20082010145_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 3 June 2027. Download (424kB) |
|
Text (Bab 4)
20082010145_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 3 June 2027. Download (581kB) |
|
Text (Bab 5)
20082010145_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only until 3 June 2027. Download (209kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010145_Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) |
|
Text (Lampiran)
20082010145_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 3 June 2027. Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan teknologi telah meluas ke seluruh sektor, termasuk pendidikan. Artificial Intelligence (AI) kini berperan penting dalam memberikan solusi inovatif untuk berbagai tantangan, dengan kemampuan meniru kecerdasan manusia dan berpotensi menggantikan peran manusia dalam beberapa fungsi. Dalam pendidikan, AI telah terbukti meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi aktif siswa. YouChat, sebuah chatbot AI berbasis GPT-3.5, digunakan sebagai asisten belajar yang menawarkan berbagai fitur, seperti menjawab pertanyaan dan memberikan saran ide. Berdasarkan observasi dan studi literatur yang telah dilakukan menunjukkan aplikasi ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa. Oleh karena itu untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaan YouChat, perlu dilakukan evaluasi terhadap sejauh mana penerimaan dan efektivitas aplikasi ini. Tujuan skripsi ini untuk mengevaluasi penerimaan aplikasi YouChat terhadap pengalaman belajar mahasiswa pada pendidikan tinggi negeri di kota Surabaya dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Data dikumpulkan dari 399 mahasiswa dan diolah menggunakan teknik SEM-PLS dengan software SmartPLS 3.2.9, dimana pengolahan dan analisis data terdiri dari uji outer model, inner model, dan uji hipotesis. Hasil skripsi terhadap evaluasi penerimaan aplikasi YouChat terhadap pengalaman belajar mahasiswa menggunakan model TAM menunjukkan bahwa perceived enjoyment dan perceived informativeness memiliki pengaruh signifikan terhadap attitude, dan attitude mempengaruhi intention to use. Variabel trust juga memoderasi pengaruh perceived informativeness terhadap attitude. Melalui skripsi ini wawasan terhadap penerimaan mahasiswa terhadap Aplikasi YouChat dalam proses pembelajarannya dapat dipahami sebagai evaluasi untuk perbaikan, pengembangan, dan peningkatan baik bagi pihak YouChat maupun institusi pendidikan. Kata Kunci: YouChat, Edukasi, TAM, SEM-PLS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Lidya Bela Simarmata | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2024 04:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2024 04:55 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23935 |
Actions (login required)
View Item |