MEMINIMASI WASTE PADA DISTRIBUTION CENTER AREA NON FOOD DENGAN PENDEKATAN LEAN WAREHOUSING DI PERUSAHAAN RETAIL PT XYZ

Widodo, Dannya Fatima Hasnuagi (2024) MEMINIMASI WASTE PADA DISTRIBUTION CENTER AREA NON FOOD DENGAN PENDEKATAN LEAN WAREHOUSING DI PERUSAHAAN RETAIL PT XYZ. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
20032010166.-cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Bab 1)
20032010166.-bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab 2)
20032010166.-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2028.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 3)
20032010166.-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2028.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 4)
20032010166.-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2028.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 5)
20032010166.-bab 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20032010166.-daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Lampiran)
20032010166.-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2028.

Download (4MB)

Abstract

PT. XYZ adalah perusahaan retail minimarket yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat PT XYZ memiliki (Distibution Center) DC yang tersebar di berbagai wilayah seluruh indonesia (Distribution Center) DC ini sangat mendukung proses pendistribusi barang ke gerai-gerai Minimarket yang dimiliki oleh PT XYZ. Salah satu DC terletak di kota Batam. Di Dc tersebut masih Terdapat beberapa waste yang terjadi pada aktivitas pergudangannya sehingga perlu dilakukan penelitian guna mengeliminasi waste tersebut. Untuk mengeliminasi permasalahan dilakukan pendekatan menggunaan lean warehousing dengan tools yang digunakan adalah Value Stream Mapping (VSM), Process Activity Mapping (PAM), Gemba shikumi, 5 whys, Lean matrix 2. dalam proses pemetaan aktivitas (Process Activity Mapping/PAM) di sebuah gudang yang mengidentifikasi adanya 18 kegiatan Non Value Added dan setelah diolah dengan Gemba Shikumi didapatkan 4 waste kritis, yang terdiri dari kesalahan bukti serah terima, penginputan data ulang, kesalahan picking barang, dan mencari barang pengganti karena picking salah. Dari 4 waste tersebut diberikan usulan perbaiakan Pelatihan karyawan, penyusunan ulang alur issuing, pembuatan label produk, audit internal, dan sistem otomasi receiving. Dari rekomendasi perbaikan tersebut diperkirakan dapat mengurangi waktu proses pergudangan sebesar sebesar 6720 detik atau setara dengan 1,87 jam. Angka ini cukup signifikan karena mewakili pengurangan waktu sebesar 19,83% dari total waktu proses pergudangan sebelumnya yang mencapai 33.887 detik atau 9,42 jam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSumiati, SumiatiNIDN 0713126001Sumiati.ti@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Dannya Fatima Hasnuagi Widodo
Date Deposited: 29 May 2024 07:04
Last Modified: 29 May 2024 07:04
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item View Item