PENENTUAN LOT SIZE PEMESANAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA WAGNER WHITIN (Studi Kasus : PT. Gunawan Dianjaya Steel, TBK)

SURROYA, NAILIL 'IZZA (2019) PENENTUAN LOT SIZE PEMESANAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA WAGNER WHITIN (Studi Kasus : PT. Gunawan Dianjaya Steel, TBK). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
12. BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
13. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text (BAB 3)
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text (BAB 4)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
16. BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

PT. Gunawan Dianjaya Steel adalah perusahaan job order yang bergerak di bidang produsen plat baja karbon. Karena job order sehingga besar permintaan selalu berubah (dinamis). Selama ini Perusahaan memesan bahan baku dengan jumlah yang terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan pada setiap periodenya sehingga terjadi penumpukan bahan baku. Keadaan ini menjadikan biaya simpan membengkak dan mengakibatkan tingginya biaya persediaan. Sehingga perlu adanya perencanaan kebutuhan bahan baku yang optimal. Dari identifikasi gejala di atas, dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi PT. Gunawan Dianjaya Steel adalah belum adanya perencanaan yang baik dalam penentuan ukuran pemesanan bahan baku. Oleh karena itu dibutuhkan pengendalian persediaan yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu mengendalikan bahan baku yang optimal sehingga mampu meminimasi total biaya persediaan dengan menggunakan metode Algoritma Wagner Whitin. Perhitungan dengan metode Algoritma Wagner Whitin diperoleh jumlah pemesanan bahan baku yang optimum sehingga menghasilkan total biaya persediaan untuk periode Mei 2018 - April 2019 sebesar Rp. 355.415.332. Sementara dari metode perusahaan diperoleh total biaya persediaan sebesar Rp. 491.615.158. Sehingga metode Algoritma Wagner Whitin mampu memberikan total penghematan sebesar 27,70%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNgatilah, YustinaNIDNUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:41
Last Modified: 13 Mar 2024 02:41
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20675

Actions (login required)

View Item View Item