ANALISA TATA KELOLA INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK 4.1 (STUDI KASUS : UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL“VETERAN” JAWA TIMUR)

PRATIWI, ICHA DIAN (2016) ANALISA TATA KELOLA INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK 4.1 (STUDI KASUS : UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL“VETERAN” JAWA TIMUR). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER ICHA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan teknologi informasi di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Jawa Timur tidak luput dari dukungan infrastruktur teknologi informasi. Perpustakaan mempunyai peran sebagai pusat layanan informasi dalam operasionalnya menggunakan teknologi informasi. Perpustakaan diharapkan mampu mengelola infrastruktur teknologi informasi secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan dan menghasilkan rekomendasi guna meningkatkan pengelolaan infrastruktur teknologi informasi. Penelitian dilakukan menggunakan COBIT Framework 4.1 tahap penelitian diawali dengan analisa data wawancara kemudian diidentifikasi IT goals, IT process, serta Control Objectives. Perhitungan maturity level untuk mengetahui gap antara kondisi sekarang dengan kondisi yang diharapkan dan rekomendasi digunakan untuk mengatasi gap tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 4 IT Goals, 10 IT Processes dan 17 detailed control objectives. Karena pemilihan subdomain disesuaikan dengan masalah dan kebutuhan maka subdomain yang digunakan adalah PO3, PO7, AI3 dan AI5. Ditemukan gap sebesar 1.53 dan maturity level sebesar 2.47 sehingga berada pada level 2 artinya telah ada kegiatan merencanakan dan mengelola secara terpola dan berulang, namun beberapa belum melibatkan prosedur dan dokumen. Kata Kunci : Analisa, Infrastruktur Teknologi Informasi, COBIT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUARTANA, I MADENIDNUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:42
Last Modified: 08 Mar 2024 01:42
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item View Item