PERENCANAAN PENGENDALIAN WAKTU PRODUKSI DENGAN METODE ROUGHT CUT CAPACITY PLANNING DI PT. PETRKOKIMIA GRESIK UNIT IPA GUNUNGSARI

ALFIAN, RIZALDY (2014) PERENCANAAN PENGENDALIAN WAKTU PRODUKSI DENGAN METODE ROUGHT CUT CAPACITY PLANNING DI PT. PETRKOKIMIA GRESIK UNIT IPA GUNUNGSARI. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER RIZALDY ALFIAN.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I (9).pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II (12).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III (13).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV (11).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V (13).pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka (14).pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN RIZALDY ALFIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perencanaan produksi bertujuan memberikan keputusan yang optimum, berdasarkan sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam memenuhi permintaan akan produk yang dihasilkan. Yang dimaksud dengan sumber daya yang dimiliki adalah kapasitas mesin, tenaga kerja, teknologi yang dimiliki dan lainnya. Perencanaan produksi sangat diperlukan, begitu pula dalam penerapan waktu produksi tidak hanya untuk merancang fasilitas produksi yang baru atau ekspansi fasilitas yang ada, akan tetapi juga untuk mengantisipasi periode yang pendek dimana size pabrik tidak bisa dirubah begitu saja. Penetapan waktu produksi yang dalam hal ini juga ditentukan oleh kemampuan mesin atau fasilitas produksi yang terpasang, hal ini menjadi begitu penting demi kelancaran perencanaan dan pengendalian produksi, untuk memenuhi permintaan konsumen. PT. Petrokimia Gresik Unit IPA Gunungsari yang memproduksi Air bersih selalu berusaha agar jumlah produksi yang diproses tepat pada waktunya. Banyak keluhan yang di terima oleh perusahaan karena produk terlambat pengirimannya, hal ini sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen akibat dari waktu produksi yang kurang optimal dan belum diterapkan waktu proses untuk meramalkan masa mendatang dapat menyebabkan keterlambatan penyerahan produk kepada konsumen. Rought Cut Capacity Planning merupakan “analisis untuk menguji ketersediaan kapasitas fasilitas produksi yang tersedia didalam memenuhi jadwal induk produksi (Master Production Schedule) yang telah ditetapkan” dengan Teknik Bill Of Labor (BOL). Dari hasil penelitian, Dari empat stasiun kerja di PT. Petrokimia Gresik Unit IPA Gunungsari terdapat 1 stasiun kerja masih mengalami kekurangan kapasitas produksi yaitu pada stasiun kerja Proses Decanter dengan rincian bulan Januari sampai dengan Desember 2014 berturut-turut sebesar 31,28 Jam/Bulan. Sehingga perlu adanya penambahan mesin dan tenaga kerja di stasiun kerja proses Decanter. Kata Kunci : Kapasitas, Master Production Schedule (MPS), Rought Cut Capacity Planning (RCCP), Bill Of Labor (BOL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSantoso, Ir. BudiNIDNUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMasruroh, Ir. NisaNIDNUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:15
Last Modified: 04 Mar 2024 04:15
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item