ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI EKSPOR BIJI PALA UTUH (Myristica fragrans houtt) INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Isrofin, Nurul Dwi (2023) ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI EKSPOR BIJI PALA UTUH (Myristica fragrans houtt) INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. Cover.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. Bab I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
3. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (570kB)
[img] Text (Bab III)
4. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (488kB)
[img] Text (Bab IV)
5. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (657kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
6. Bab V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan eksportir pala terbesar di dunia. Pala Indonesia cenderung mengalami peningkatan. volume ekspor setiap tahunnya. Namun perkembangan ekspor pala masih mengalami perkembangan. fluktuasi selama periode 2011–2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor benih pala utuh Indonesia di pasar internasional dan posisi bersaing benih pala utuh di negara tujuan ekspor periode 2011–2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berupa data time series selama 12 tahun yaitu tahun 2011–2022. Data dianalisis dengan menggunakan analisis keuntungan komparatif terungkap (RCA) dan keunggulan komparatif dinamis terungkap (DRCA). Hasil penelitian dengan menggunakan Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukkan bahwa benih pala utuh Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Pala Indonesia di sepuluh negara tujuan ekspor juga memiliki daya saing tertinggi dibandingkan pala utuh di Jerman, Italia, dan Belanda. Berdasarkan analisis Dynamic Revealed Comparative Advantage (DRCA), diperoleh hasil bahwa pertumbuhan daya saing produk di Jepang selalu positif, sehingga posisi kompetitif Jepang menjadi pendatang baru pada periode keempat (2020–2022).Kata kunci: biji pala, daya saing, model gravity, potensi perdagangan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWINARNO, SRI TJONDRONIDN0011025908UNSPECIFIED
Thesis advisorRIZKIYAH, NOORNIDN1120077401UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness
Depositing User: Nurul Dwi Isrofin
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:52
Last Modified: 03 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19233

Actions (login required)

View Item View Item