Piescesa, Fa'izah Martha (2020) PELAKSANAAN HAK TANGGUNGAN SECARA ELEKTRONIK (HT-el) DI KANTOR PERTANAHAN SURABAYA I. Other thesis, UPN "veteran" Jawa Timur.
|
Text (Cover)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan hak tanggungan secara elektronik di Kantor Pertanahan Surabaya 1 dan mengetahui faktor penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan hak tanggungan secara elektronik di Kantor Pertanahan Surabaya 1. Jenis penelitian ini penelitian empiris dengan teknik pengumpulan data dilakuka penelitian lapangan dengan melihat serta mengamati apa yang terjadi di lapangan, penerapan peraturan-peraturan tersebut dalam prakteknya di masyarakat. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terhadap data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan hak tanggungan secara elektronik di Kantor Pertanahan Surabaya 1 dalam pelaksanaan pendaftaran hak tannggungan terdapat dua cara, yaitu pendaftaran secara manual dengan mendatangi kantor pertanahan dan pendaftaran secara elektronik tanpa mendatangi kantor pertanahan yang dilaksanakan oleh tiga pihak ( PPAT, BANK, dan BPN) yang masing-masing memiliki tugas, peran dan fungsi masing-masing. Sistem layanan elektronik merupakan suatu alternatif untuk mempermudah dan mempercepat waktu penerbitan sertipikat hak tanggungan yang sebelumnya bisa mengahabiskan waktu berbulan-bulan dengan adanya sistem layanan elektronik hanya memerlukan waktu tujuh hari kerja. Meskipun demikian, pelaksanaan hak taggungan secara elektronik belum berjalan secara efektif, masih terdapat beberapa faktor yang menghambat proses pelaksanaan sistem layanan elektronik yang terjadi, baik dari segi para pihak (PPAT, BANK, BPN) yang terlibat maupun faktor diluar segi para pihak. Dalam kendala yang muncul Dari hambatan-hambatan yang terjadi terdapat pula upaya penyelesaian hambatan yang menjadi solusi dalam mengurangi hambatan tersebut, hal ini diharapkan para pihak harus lebih mempersiapkan diri dalam melaksanakan dan mengoprasionalkan layanan sistem elektronik yang baru di terbitkan oleh menteri agraria tersebut. Kata Kunci : Hak Tanggungan, Hak Tanggungan Secara Elektronik(HT-el), Kantor Pertanahan
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law | ||||||||
Depositing User: | Users 14 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2021 02:09 | ||||||||
Last Modified: | 16 Feb 2021 02:09 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/984 |
Actions (login required)
View Item |