Analisis Isi Kualitatif Pesan Edukasi Positive Discipline Parenting Pada Media Sosial Instagram @goodenoughparents.id

Putri, Noerazrie Imania (2022) Analisis Isi Kualitatif Pesan Edukasi Positive Discipline Parenting Pada Media Sosial Instagram @goodenoughparents.id. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
18043010066_cover.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
18043010066_bab1.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
18043010066_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2024.

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
18043010066_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2024.

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
18043010066_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2024.

Download (29MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
18043010066_bab5.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18043010066_daftar pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Parenting merupakan kegiatan yang sangat dekat dengan kehidupan bermasyarakat. Informasi mengenai dunia parenting dapat dengan mudah diakses melalui berbagai platform, salah satunya adalah media sosial Instagram. Good Enough Parents sebagai platform belajar online tentang parenting bagi para orang tua harus menunjukkan pesan edukasi yang dapat memberi jalan keluar bagi permasalahan yang sedang dihadapi orang tua dalam kegiatan parenting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan edukasi positive discipline parenting pada media sosial instagram @goodenoughparents.id. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan teori media baru dan konsep dasar positive discipline dari Joan E. Durrant. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pesan edukasi dalam konten akun @goodenoughparents.id adalah informatif dengan ditemukannya empat kategori unggahan dalam sub kategori informasi dan sub kategori respon yang berkaitan dengan kosep positive discipline dari Joan E. Durrant, yaitu kategori tumbuh kembang dengan konsep understanding how children think and feel yang menampilkan pembahasan konten permasalahan orang tua saat anak mengalami perubahan fisik disertai perubahan perkembangan otak. Kategori komunikasi dan kerjasama dengan konsep providing warmth and structure ditampilkan dengan sudut pandang pemateri dalam memberikan saran pilihan kata saat berkomunikasi dengan anak agar dapat membantu meningkatkan dukungan dan kedekatan antara orang tua dan anak. Kategori stimulasi belajar dengan konsep identifying long-term goals yang menampilkan pembahasan informasi terkait kegiatan antara orang tua dan anak dalam merangsang kinerja otak anak, meningkatkan kemampuan anak, dan bahasan tanda-tanda anak mengalami permasalahan dalam proses belajar. Kategori kesehatan mental dengan konsep problem solving ditampilkan dengan pembahasan konten yang memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi baik pada diri anak ataupun pada diri orang tua. Kata kunci: Positive discipline, parenting, Instagram, analisis isi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCandrasari, YuliNIDN0030077102yuli_candrasari.ilkom@upnjatim.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and Symbols
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Noerazrie Imania Putri
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:13
Last Modified: 26 Jul 2022 07:13
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item