REPRESENTASI KELAS SOSIAL PADA IKLAN TELEVISI (Studi Semiotika Representasi Kelas Sosial pada Iklan Televisi Meikarta versi “Aku Ingin Pindah ke Meikarta”)

GALUH PERWITASARI, PRAMESWARA (2022) REPRESENTASI KELAS SOSIAL PADA IKLAN TELEVISI (Studi Semiotika Representasi Kelas Sosial pada Iklan Televisi Meikarta versi “Aku Ingin Pindah ke Meikarta”). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2024.

Download (260kB)
[img] Other (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2024.

Download (1MB)
[img] Other (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Kelas sosial dalam masyarakat terbentuk karena adanya dominasi kekuasaan. Kelas sosial seseorang ditentukan oleh kedudukan sosial ekonomi dalam masyarakat. Pembedaan tersebut membuat seseorang dari suatu kelas tertentu ingin berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya, sehingga pengiklan sering memanfaatkannya ke dalam kegiatan promosi dengan menggambarkan konsumen yang mereka tuju dengan tampilan kelas sosial tertentu. Salah satu bentuk tindakan promosi melalui iklan televisi yang mengangkat tampilan kelas sosial yaitu iklan Meikarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi kelas sosial dalam iklan Meikarta versi ‘Aku Ingin Pindah ke Meikarta’ di Televisi melalui berbagai sistem tanda dan simbol yang ditampilkan dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa iklan Meikarta merepresentasikan kelas sosial atas, menengah dan bawah. Representasi kelas sosial atas dapat dilihat pada penggunaan setting apartemen yang bertaraf internasional, bangunan yang mewah dan memiliki fasilitas teknologi yang canggih. Representasi kelas sosial menengah dapat dilihat dari setting yang ditunjukkan dengan simbol kendaraan yang digunakan yaitu mobil keluarga untuk kalangan keluarga menengah ke atas, serta yang casual dan rapi¸terkesan sederhana, tidak menunjukan kemewahan. Sementara itu, representasi kelas sosial bawah dapat dilihat dari setting lingkungan pemukiman kumuh yang digambarkan pada lokasi diluar kota Meikarta, juga dapat dilihat dari pekerjaan yang dilakukan seperti pemulung. Nampak juga digambarkan pada kelas sosial bawah, perilaku�perilaku negatif seperti adegan penjambretan yang dilakukan oleh seseorang. Pada iklan Meikarta, digambarkan bahwa penyebab ketidaknyamanan kota Jakarta saat ini merupakan hasil dari perilaku negatif dari masyarakat kelas sosial bawah. Masyarakat menengah bawah pada iklan ini juga digambarkan kurang memiliki empati pada sesamanya, mereka lebih fokus pada masalah dan diri mereka sendiri. Stereotipe lain yang dimunculkan dalam iklan ini adalah stereotipe tentang kebahagiaan. Dimana dalam iklan Meikarta ini, kebahagiaan digambarkan hanya dapat dimiliki oleh masyarakat yang berada pada kelas sosial menengah keatas, karena kelas tersebut memiliki kekayaan yang dengan mudah dapat memenuhi keinginannya, hingga timbul rasa kepuasan di dalam diri. Kata Kunci: representasi, semiotik, kelas sosial, iklan Social class in society is formed by the domination of power. Social classes are determined by the socio-economic position in society. The distinction makes one of a certain class want to move from one social class to another. advertisers often make use of it into promotional activities by describing the consumers they are going to with a particular social class look. One form of promotional action through television ads that lift the look of social class is Meikarta ads. This study was conducted to find out the representation of social class in Meikarta commercial version of 'Aku Ingin Mindah ke Meikarta' in Television through various sign system and symbols displayed in the advertisement. This research uses qualitative method by using semiotic analysis of John Fiske. Based on the analysis that has been done can be seen that Meikarta ads represent upper, middle and lower social class. The representation of the upper social class can be seen in the use of international-standard apartments, luxurious buildings and sophisticated technological facilities. Medium social class representation can be seen from the setting shown by the symbol of the vehicle used is family car for upper middle class families, as well as casual and neat�simple impression, not showing luxury.Meanwhile, the representation of the lower social classes can be seen from the slum neighborhood depicted in locations outside the dark and dull city of Meikarta, which can also be seen from work done such as scavengers. It also appears to be depicted in lower social classes, negative behaviors such as scenes of mugging performed by a person. In Meikarta ads, illustrated that causes discomfort when the city is a result of the negative behavior of lower social classes society. The lower middle class in this ad also described lacks empathy for others, they are more focused on the problem and themselves. Another stereotype that appear in this ad is the stereotype of happiness. Where in this Meikarta ad, the happiness described can only be owned by the society in the middle and upper social class, because the class has wealth which can easily fulfill its desire, until the feeling of inner satisfaction arises. Keywords: representation, semiotic, social class, advertising

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurrachmi F, SyafridaNIDN0723028302UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:22
Last Modified: 19 Jul 2022 02:22
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7615

Actions (login required)

View Item View Item