REZZA, RENALDO (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN TANGGAP DARURAT BENCANA MELALUI COMMAND CENTER 112 DI PEMERINTAH KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until June 2024. Download (408kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until June 2024. Download (414kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until June 2024. Download (977kB) |
||
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lam.pdf Restricted to Registered users only until June 2024. Download (974kB) |
Abstract
RENALDO REZZA, 1541010008, IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN TANGGAP DARURAT BENCANA MELALUI COMMAND CENTER 112 DI PEMERINTAH KOTA SURABAYA. Pelayanan publik selama ini merupakan ranah dimana pemerintah berinteraksi dengan masyarakat, dalam ranah ini terjadi interaksi antara pemerintah dengan masyarakat. Dalam melakukan pelayanan publik pemerintah kota Surabaya telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik secara efektif dan effisien kepada masyarakat salah satu inovasi untuk meningkatkan pelayanan tanggap darurat bencana Pemerintah Kota Surabaya mensinergikan Organisasi-Organisasi Perangkat Daerah dalam satu ruang pusat kendali atau Command Center Room. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yaitu Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat dan Command Center Room Fokus dalam penelitian ini yang digunakan adalah menurut teori van Meter dan van Horn dikutip oleh Winarno (2007:155): 1) Ukuran-ukuran dasar dan tujaun-tujuan, 2) SumberSumber Kebijakan, 3) Komunikasi antar organisasi, 4) Karakteristik badan-badan pelaksana, 5) Kondisi-kondisi ekonomi, sosial, politik, 6) Kecenderungan pelaksana. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Ukuran-ukuran dasar dan tujaun- tujuan sudah terimplementasi dengan disinergikannya organisasi perangkat daerah dalam satu ruangan, mempermudah koordinasi antar organisasi, 2) Sumber-Sumber Kebijakan sudah terimplementasi tetapi masih terdapat kekurangan terkait posko, 3) Komunikasi antar organisasi, sudah terimplementasi dengan baik, pada koordinasi yang dilakukan individu (operator) dilakukan dengan baik, dimulai menerima laporan masuk hingga kejadian bencana selesai ditangani. 4) Karakteristik badan-badan pelaksana, sudah terimplementasi dengan baik, terkait tingkat kontrol hierarkis dan dukungan politik dari pembuat kebijakan mendapat dukungan penuh dengan diberikannya seluruh kebutuhan-kebutuhan 5) Kondisi-kondisi ekonomi, sosial, politik, dengan mendapatkan dukungan dari elite politik lembaga legislatif , selagi mendapat respon yang baik dan masyarakat merasa aman dan terbantu dengan adanya Command Center 112. 6) Kecenderungan pelaksana, dengan melihat bahwa petugas telah terseleksi dan mendapat pelatihan kompetensi. Kata kunci : Implementasi tanggap darurat bencana, Command Center 112
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Amalia Hani | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:26 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:26 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7118 |
Actions (login required)
View Item |