Andreanto, Bagus (2022) APLIKASI WEB “ANDROID APPS VERSUS” DENGAN MENERAPKAN METODE COSINE SIMILIARITY BERDASARKAN ULASAN GOOGLE PLAY STORE. Undergraduate thesis, UPN Vetereran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
1634010034-cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
1634010034-bab1.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 2)
1634010034-bab2.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text (BAB 3)
1634010034-bab3.pdf Restricted to Registered users only until 10 June 2024. Download (1MB) |
||
Text (BAB 4)
1634010034-bab4.pdf Restricted to Registered users only until 10 June 2024. Download (4MB) |
||
Text (BAB 5)
1634010034-bab5.pdf Restricted to Registered users only until 10 June 2024. Download (67kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
1634010034-daftarpustaka.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Smartphone adalah alat telekomunikasi pintar perkembangan dari telepon seluler yang menggunakan sinyal untuk melakukan transfer data dan informasi. Pada sebuah smartphone terdapat aplikasi–aplikasi yang dapat dipasang sesuai fungsi dan kebutuhan pengguna yang bertujuan untuk mendukung mobilitas dan pemenuhan kebutuhan sehari-harinya. Untuk menambah aplikasi pada sistem operasi Android pada umumnya menggunakan aplikasi bawaan bernama Google Play Store. Melihat akan hal itu, para pengembang aplikasi berlomba-lomba membuat aplikasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memajangnya di Google Play Store. Namun, sebagai pengguna Android tentu kita akan kesulitan untuk memilih dan membandingkan aplikasi mana yang sebaiknya kita pasang di Smartphone Android kita karena begitu banyak pilihan aplikasi yang tersedia. Penggunaan aplikasi Android yang lebih baik dari aplikasi Android yang sejenis atau serupa berdasarkan ulasan yang diberikan oleh pengguna lain pada Google Play Store dapat dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma Cosine Similarity untuk mengelompokkan ulasan-ulasan yang memiliki kata yang bersifat positif dan negatif. Perbandingan antar aplikasi menggunakan sistem ini pada kategori application memiliki nilai akurasi sebesar 82,5%, kategori Communication sebesar 95%, Business 100%, Education 96%, Entertaintment 80%, Family 100%, Finance 88% Game 92%, Medical 80% dan Music and Audio 100%. Dimana hasil tersebut telah diuji menggunakan pola pengujian berdasarkan data latih dan datau uji yang telah disiapkan. Kata Kunci : Aplikasi, Cosine Similarity, Text Mini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 World Wild Web | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics | ||||||||||||
Depositing User: | Bagus Andreanto | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2022 09:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2022 09:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7045 |
Actions (login required)
View Item |