ANALISIS NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

FIKRIA, KIKI AFRIDA (2022) ANALISIS NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
2..PDF

Download (444kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 29 March 2024.

Download (226kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 29 March 2024.

Download (414kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 29 March 2024.

Download (620kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (230kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only until 29 March 2024.

Download (352kB)

Abstract

Tinggi rendahnya nilai perusahaan terjadi karena harga saham yang mengalami fluktuasi. Fluktuasi harga saham dapat dipengaruhi oleh faktor seperti inflasi, perubahan suku bunga tabungan dan deposito, kurs valuta asing, serta berbagai regulasi ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan, jika perusahaan memiliki prestasi yang baik maka minat investor akan tinggi yang membuat harga saham meningkat dan nilai perusahaan juga akan meningkat. Minat investor terhadap saham pada suatu perusahaan didasari oleh keyakinan terhadap kinerja perusahaan tersebut. Cara umum yang digunakan untuk melihat kelayakan kinerja suatu perusahaan adalah dengan menganalisa kinerja finansialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang listing dan aktif di pasar modal, membagikan data yang dibutuhkan berturut-turut selama periode 2014-2017, dan juga perusahaan yang membagikan dividen berturut-turut selama periode 2014-2017. Total populasi sebanyak 132 perusahaan manufaktur dan setelah dilakukan proses pemilihan sampel dengan metode purposive sampling diperoleh 25 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang di publikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hanya likuiditas yang diproksikan oleh current ratio (CR) yang tidak mampu meningkatkan nilai perusahaan, sedangkan leverage, profitabilitas, dan kebijakan dividen mampu meningkatkan nilai perusahaan. Kata Kunci : Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTakarini, NurjantiNIDN0714086502UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance. Corporation finance
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Management
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:13
Last Modified: 29 Mar 2022 03:13
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5607

Actions (login required)

View Item View Item