REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI SHAMPO CLEAR (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN SHAMPO CLEAR VERSI AGNEZ MO DAN IKLAN SHAMPO CLEAR HIJAB VERSI SIVIA AZIZAH)

RAHMADANI, ADINDA MAHARANI (2021) REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI SHAMPO CLEAR (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN SHAMPO CLEAR VERSI AGNEZ MO DAN IKLAN SHAMPO CLEAR HIJAB VERSI SIVIA AZIZAH). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (111kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (247kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (186kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (668kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (179kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (601kB)

Abstract

Clear sebagai produsen shampoo, selama mengeluarkan produk shampoo untuk perempuan pada umumnya. Selama ini iklan Clear menampilkan mahkota keindahan perempuan yakni rambut sehat, lurus, tebal, panjang, dan berkilau. Akan tetapi perkembangan banyak perempuan yang mengenakan hijab, Kondisi ini menjadikan produsen-produsen shampoo berinovasi dalam menjalankan strategi pemasaran dengan menggunakan iklan dan produk khusus untuk perempuan berhijab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi analisis semiotika menggunakan model yang dikemukakan oleh Roland Barthes yang memiliki dua tingkat penandaan yaitu denotasi dan konotasi pada iklan shampoo Clear non hijab dan hijab. Hasil dari penelitian menunjukkan citra perempuan yang ada dalam iklan shampoo clear hijab dan non hijab adalah citra pigura dan citra pergaulan. Perempuan dalam iklan shampoo clear non hijab digambarkan sebagai perempuan yang aktif, memiliki kemampuan pada bidangnya dan, berprestasi, mandiri tidak terhalangi oleh ketombe. Demikian juga pada iklan shampoo clear hijab, perempuan digambarkan sebagai perempuan yang aktif, memiliki kemampuan pada bidangnya dan mandiri, bereprestasi tidak terhalang hijab dan ketombe. Kata Kunci: semiotika, iklan televisi, hijab dan non hijab, shampo clear .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDTUTIASRI, RIRIN PUSPITANIDN0011048901UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:05
Last Modified: 05 Jan 2022 02:17
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3904

Actions (login required)

View Item View Item