REPRESENTASI KEPERCAYAAN DIRI DALAM IKLAN (Studi Semiotik Tentang Representasi Kepercayaan Diri Dalam Iklan Rokok Gudang Garam Signature “ Yes You Can ”)

RAMADHAN, RIZKI HERDIYANTO (2021) REPRESENTASI KEPERCAYAAN DIRI DALAM IKLAN (Studi Semiotik Tentang Representasi Kepercayaan Diri Dalam Iklan Rokok Gudang Garam Signature “ Yes You Can ”). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (cover)
Cover.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2023.

Download (599kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2023.

Download (680kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2023.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2023.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi kepercayaan diri dalam iklan televisi yaitu, iklan rokok Gudang Garam Signature “Yes You Can”. Melalui tandatanda dalam iklan secara audio dan visual menjadikan salah satu fokus utama dalam penelitian adanya makna kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana semiotika gerak dan intepretasi makna kepercayaan diri dalam iklan Gudang Garam Signature “Yes You Can”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu, data primer diperoleh melaui pengamatan pada tanda-tanda yang terdapat dalam iklan Gudang Garam Signature “Yes You Can”, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi Pustaka. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis semiotika John Fiske yang memaknai setiap tanda menggunakan tiga tatanan level, yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, makna kepercayaan diri dalam iklan Gudang Garam Signature “Yes You Can” ditampilkan dengan teori maskulinitas pada pria, kemudian dikaitkan menggunakan konsep kepercayaan diri menurut Anthony ( 1992 ) 1. Rasa aman, 2. Ambisi Normal, 3. Yakin pada kemampuan diri, 4. Mandiri, 5. Optimis. Peneliti juga menginterpretasikan bahwa iklan rokok Gudang Garam Signature ini memberikan edukasi serta wawasan tentang rasa kepercayaan diri dalam melakukan suatu usaha maupun kegiatan. Kata Kunci : Representasi, Kepercayaan Diri, Maskulinitas, Konsep Kepercayaan Diri, Analisis Semiotika, Iklan Rokok Gudang Garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDCLARETTA, DYVANIDN0007016604UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:05
Last Modified: 25 Oct 2021 04:05
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item