PERDANA, FAISAL ILHAM (2021) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN SENI JARANAN KEDIRI UNTUK ANAK USIA 7 – 11 TAHUN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Other (COVER)
Cover.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Other (BAB 1)
1.PDF Download (133kB) | Preview |
|
Other (BAB 2)
2.PDF Restricted to Registered users only until 14 September 2024. Download (1MB) |
||
Other (BAB 3)
3.PDF Restricted to Registered users only until 14 September 2024. Download (230kB) |
||
Other (BAB 5)
4.PDF Restricted to Registered users only until 14 September 2024. Download (1MB) |
||
|
Other (BAB 5)
5.PDF Download (641kB) | Preview |
|
Other (BAB 6)
6.PDF Restricted to Registered users only until 14 September 2024. Download (680kB) |
||
|
Other (BAB 7)
7.PDF Download (118kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF Download (126kB) | Preview |
|
Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF Restricted to Registered users only until 14 September 2024. Download (582kB) |
Abstract
Kesenian jaranan merupakan salah satu seni yang dimiliki oleh beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah di Kediri, jaranan Kediri mempunyai ciri khasnya tersendiri, dalam setiap pementasan jaranan ada yang namanya ndadi atau kesurupan, hal tersebut merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki jaranan Kediri. Tetapi dalam pemahaman tentang kesenian jaranan masih kurang terutama anak – anak, kebanyakan mereka hanya paham tentang jaranan dari luarnya saja, seperti contohnya, hanya mengetahui jaranan tentang ndadi atau kesurupan saja, padhahal jaranan tidak hanya soal ndadi atau kesurupan, selain itu banyak anak yang tidak mengetahui apabila didalam pentas jaranan terdapat cerita didalamnya, seperti pertempuran barongan dan para pemain jaranan lainnya. Perancangan ini menggunakan metodologi analisis kualitatif deskriptif, diantaranya ada wawancara, observasi, dan 5W+1H. Penggunaan metode analisis 5W+1H ini digunakan untuk mengetahui apa saja tahap perancangan yang harus dilakukan dalam buku ilustrasi kesenian Jaranan Kediri. Dari beberapa hasil analisa observasi, dan wawancara didapat beberapa informasi bahwa media informasi yang tersedia jarang ditemukan dalam beberapa toko buku, dan dalam pengajaran tentang jaranan sendiri tidak bisa didapat dari sekolah, selain itu dari rata – rata anak hanya mengetahui jaranan dari sisi luarnya saja, dan mengakibatkan kurangnya kepedulian mereka kepada jaranan, dan dalam sanggar jaranan yang ada di Kediri, mereka tidak mempunyai media untuk memperkenalkan jaranan kepada anak agar lebih tertarik dengan jaranan, kebanyakan dari anak – anak tertarik karena mereka biasanya menjadi penonton dari pentas jaranan, tetapi mereka tidak paham benar apa sebenarnya jaranan itu, hanya paham gerakan – gerakan jaranan yang diajarkan saat di sanggar, tetapi teorinya masih kurang. Masih banyak anak yang tidak paham benar apa itu kesenian jaranan, oleh karena itu perancangan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan mereka tentang apa itu jaranan, sejarahnya, lakon – lakon atau pemain didalamnya, dan bagaimana pentas jaranan berlangsung dari awal sampai akhir. Sehingga anak mampu memahami lebih terhadap kesenian jaranan, dan kemudian diharapkan mereka dapat melestarikannya. Kata Kunci : Buku Ilustrasi, Kesenian, Jaranan, Anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2021 13:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2021 13:07 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2628 |
Actions (login required)
View Item |