CELLONA, RAHEL CLAUDEA (2019) REPRESENTASI PERAN SUAMI DALAM IKLAN RAMAYANA (Analisis Semiotika Pada Iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta”). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (COVER)
SKRIPSI FIX (1)-1-13.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
SKRIPSI FIX (1)-14-22.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
SKRIPSI FIX (1)-23-50.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text (BAB 3)
SKRIPSI FIX (1)-51-62.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
Text (BAB 4)
SKRIPSI FIX (1)-63-89.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
|
Text (BAB 5)
SKRIPSI FIX (1)-90-92.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI FIX (1)-93-96.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI FIX (1)-97-99.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
Abstract
Fokus riset ini ialah hendak mengeksplorasi peran suami dalam iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta”, identitas pria dalam iklan tersebut digambarkan berbeda dari tampilan pria dalam iklan lain. Seringkali kita temui gambaran pria dengan kegiatan yang biasanya dikerjakan oleh laki-laki. Seperti olahragawan, petinju, sepakbola, berlari atau balap motor/mobil dll. Iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta” memberi gambaran baru mengenai gambaran peran gender pria, bahwasannya pria tidak hanya digambarkan dari fisiknya tetapi dengan kegiatan yang ia lakukan. Laki-laki pada umumnya mewarisi sifat maskulin, namun pandangan terhadap sifat maskulin tersebut sudah menjadi sebuah budaya, jadi terciptalah pergeseran peran gender. Peneliti menggunakan metode analisis semiotik John Fiske untuk mengupas pesan yang tersembunyi didalam iklan. Dari hasil analisis berdasarkan rumusan masalah, ditemukan gambaran peran pria pada iklan, menampilkan pesan bahwa peran pria digambarkan mendominasi dalam kegiatan domestik pada kegiatan pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak yang menurut pandangan masyarakat bahwa kegiatan domestik merupakan wilayah peran wanita. Hasil dari penelitin ini dapat disimpulkan bahwa representasi peran suami dalam iklan Ramayana versi “Warna Kebahagiaan Series Ramayana-Tulusnya Cinta” adalah ingin mengubah tatanan gender yang selama ini ada dan ingin menampilkan tatanan gender yang berbeda. Untuk membentuk persepsi di masyarakat bahwa pria mampu untuk melakukan peran wanita sehingga seharusanya untuk melakukan pekerjaan mengurus rumahtangga adalah pekerjaan yang bisa dilakukan bersama-sama antara wanita dan pria karena pria dianggap sebenarnya mampu untuk melakukan pekerjaan itu. Keywords: Gender, budaya, masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and Symbols |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 04:41 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2021 07:43 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2195 |
Actions (login required)
View Item |