Prosedur Akuisisi Para Pedagang di Sentra Wisata Kuliner Krembangan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tanjung Perak

Azizah, Shinta (2024) Prosedur Akuisisi Para Pedagang di Sentra Wisata Kuliner Krembangan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tanjung Perak. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (cover)
19032010023-cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
19032010023-bab 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 2)
19032010023-bab 2.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (bab 3)
19032010023-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2026.

Download (322kB)
[img] Text (bab 4)
19032010023-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2026.

Download (218kB)
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
19032010023-daftar pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (lampiran)
19032010023-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2026.

Download (3MB)

Abstract

BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosisal Ketenagakerjaan), merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Republik Indonesia yang memberikan perlindungan pada tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja. Sebagai Lembaga negara yang bergerak dalam bidang Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan merupakan pelaksana undang-undang jaminan sosial tenaga kerja. Salah satunya yaitu bagi pedagang yang ada di sentra wisata kuliner (SWK) Krembangan. Saat ini pekerja di bidang pedagang yang terdaftar menjadi pesertaa BPJS Ketenagakerjaan tergolong rendah. Oleh karena itu BPJS Ketenagakerjaan berusaha untuk mengakuisisi para pedagang yang ada di SWK wilayah Surabaya terutama di daerah Krembangan. Proses akuisisi ini dilaksanakan melalui pengenalan program BPJS Ketenagakerjaan dalam kegiatan sosialisasi, penyampaian informasi dan edukasi. Adapun prosedur akuisisi kepesertaan ini terdiri dari tahap pembekalan, verifikasi data potensi PK/BU, sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang yang ada di SWK Krembangan, proses entry data peserta, serta pencetakan dan pendistribusian tanda bukti kepesertaan. Dalam pelaksanaan akuisisi kepesertaan ditemukan adanya kendala yakni minimnya minat dan pengetahuan peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan sehingga perlu diadakannya pengenalan dan promosi yang lebih mendalam untuk mengedukasi para pedagang mengenai pentingnya memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIriani, IrianiNIDN0726116202irianiupn@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Ms Shinta Riski Azizah
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:22
Last Modified: 12 Jan 2024 06:22
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19784

Actions (login required)

View Item View Item