Danahiswari, Hastri Cantya (2023) ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
|
Text (19082010056_COVER)
19082010056_Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (19082010056_BAB I)
19082010056_BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text (19082010056_BAB II)
19082010056_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (19082010056_BAB III)
19082010056_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text (19082010056_BAB IV)
19082010056_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
Text (19082010056_BAB V)
19082010056_BAB V.pdf Download (72kB) | Preview |
|
Text (19082010056_LAMPIRAN)
19082010056_ LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
|
Text (19082010056_Daftar Pustaka)
19082010056_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Di era digital saat ini, berbagai macam aplikasi Online Travel Agent (OTA) di Google Play Store digunakan oleh Masyarakat Indonesia untuk berbagai macam keperluan seperti berlibur atau travelling. Hingga akhir tahun 2022 aplikasi OTA di Google Play Store seperti aplikasi Traveloka dan Tiket.com telah diunduh oleh 50 juta dan 10 juta pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah, membantu serta memberikan informasi tentang emosi yang terkandung dalam ulasan tentang aplikasi OTA yang ada pada situs Google Play Store dengan melakukan analisis sentimen dengan algoritma K-Nearest Neighbour sebagai algoritma yang optimal dan melakukan visualisasi berbasis web. Hasil akurasi menunjukkan bahwa nilai k=6 mendapat akurasi yang optimal dimana data tidak overfit maupun underfit. Dari 50 data dilakukan pengujian pada sistem visualisasi terdapat 4 data sentiment yang salah dan 46 data sentiment yang benar sehingga memiliki akurasi yang sama, yaitu 92% dan dilengkapi dengan tampilan wordcloud untuk mengetahui kata yang sering muncul dan grafik batang untuk mengetahui distribusi 50 data sentiment yang diuji. Kata kunci: Analisis Sentimen, Online Travel Agent, K-Nearest Neigbour
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Hastri Cantya Danahiswari | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2024 08:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2024 08:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/19001 |
Actions (login required)
View Item |