Siswantoro, Muhamad Fauzan (2023) Analisis Faktor Penerimaan Pengguna Website E-Peken Surabaya Menggunakan Model UTAUT 2. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
19082010102-cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
19082010102-bab1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
19082010102-bab2.pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2025. Download (252kB) |
||
Text (Bab 3)
19082010102-bab3.pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2025. Download (426kB) |
||
Text (Bab 4)
19082010102-bab4.pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2025. Download (687kB) |
||
|
Text (Bab 5)
19082010102-bab5.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
19082010102-daftarpustaka.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
19082010102-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (1MB) |
Abstract
E-commerce semakin banyak dan semakin popular dikalangan masyarakat Indonesia karena dengan e-commerce masyarakat mudah mendapatkan kebutuhan pokoknya. Selain itu platform e-commerce juga menyediakan sarana untuk masyarakat Indonesia dalam melakukan bisnis jual dan beli, sehingga dengan begitu perekonomian masyarakat Indonesia dapat meningkat. Pemerintah Kota Surabaya mempunyai inovasi dibidang e-commerce untuk mengembangkan,menguatkan dan memulihkan perekonomian masyarakat Surabaya pasca pandemi Covid-19 dengan meluncurkan website Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Surabaya (E-Peken Surabaya). E-Peken Surabaya merupakan website yang digunakan masyarakat Surabaya untuk melakukan pembelian barang pada toko kelontong , UMKM, dan SWK di Kota Surabaya. Walaupun banyak kemudahan yang ditawarkan oleh website E-Peken Surabaya, pengguna aplikasi masih merasa adanya kekurangan dan kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Permasalahan dan kesulitan yang muncul dapat mempengaruhi penerimaan masyarakat terhadap penggunaan Website E-Peken Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk menggali faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap website E-Peken Surabaya. Adapun model konseptual yang digunakan pada penelitian ini ialah modifikasi model UTAUT 2 yang digunakan oleh Dakduk Silvana, Zuleima Santalla, dan Jose Ribamar pada tahun 2020. Model ini memiliki delapan variable, diantaranya performance expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit, perceived security, perceived trust, dan behavioral intention. Pengujian menggunakan sampel dengan jumlah data dari 392 responden yang merupakan pembeli dari Website E-Peken Surabaya melalui perangkat mobile. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan teknik SEM-PLS serta diuji pada software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel performance expectancy, social influence, habit dan perceived trust berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention dari pengguna website E-Peken Surabaya. Hasil ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi penerimaan website E-Peken Surabaya ialah performance expectancy, social influence, habit dan perceived trust. bahwa Melalui penelitian ini wawasan terhadap faktor penerimaan pengguna mengimplementasikan website E-Peken Surabaya dapat dipahami sebagai evaluasi untuk perbaikan, pengembangan, dan peningkatan layanan kedepannya. Kata Kunci: e-commerce, E-Peken Surabaya, UTAUT 2, SEM-PLS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Muhamad Fauzan Siswantoro | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/16822 |
Actions (login required)
View Item |