PERILAKU GENERASI MILLENNIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi pada Komunitas Investor Saham Pemula Surabaya)

Hanindyto, R Adhi Satria (2023) PERILAKU GENERASI MILLENNIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi pada Komunitas Investor Saham Pemula Surabaya). Masters thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (cover)
19062020028_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
19062020028_BAB_1.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
19062020028_BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2025.

Download (299kB)
[img] Text (BAB 3)
19062020028_BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2025.

Download (498kB)
[img] Text (BAB 4)
19062020028_BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2025.

Download (966kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
19062020028_BAB_5.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
19062020028_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2025.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
19062020028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Generasi Millennial menjadi salah satu penentu arah masa depan bangsa. Kehadirannnya memiliki peran sangat fundamental di semua sektor. Salah satunya di sektor investasi, di mana keberadaannya mampu mengambil peran dalam memperkuat stabilitas pasar modal dalam tatanan kehidupan baru. Pengambilan keputusan investasi adalah proses komplek yang mencakup analisis beberapa faktor dan mengikuti berbagai langkah. Khususnya perilaku pengambilan keputusan investasi yang dilakukan oleh Generasi Millennial yang cenderung dianggap emosional, tidak rasional, mengindahkan pengetahuan keuangan . Beberapa faktor perilaku yang dapat memengaruhi pengambilan keputusan investasi yaitu Overconfidence, Financial Literacy dan Herding Behaviour. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Overconfidence, Financial Literacy dan Herding Behaviour terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah Investor Generasi Millennial yang terdaftar di Komunitas Investor Saham Pemula Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapatkan 100 responden yang sesuai kriteria. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan alat analisis SmartPLS versi 3. Hasil Penelitian menunjukan Overconfidence dan Financial Literacy berpengaruh signifikan positif terhadap Pengambilan Keputusan Investasi sedangkan Herding Behaviour tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa Generasi Millenial yang tergabung di Komunitas Investor Saham Pemula Surabaya lebih mengedepankan pengetahuan investasi secara independen dan rasional. Kata Kunci : Generasi Millennial, Overconfidence, Financial Literacy, Herding Behaviour, Pengambilan Keputusan Investasi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYuhertiana, IndrawatiUNSPECIFIEDYuhertiana@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economic > Magister Accounting
Depositing User: R Adhi Satria Hanindyto
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:11
Last Modified: 06 Dec 2023 05:24
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item View Item