IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI SMAN 10 SURABAYA

Akbar, Faizal (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI SMAN 10 SURABAYA. Other thesis, UPN"VETERAN" JATIM.

[img]
Preview
Other (Cover)
Cover.PDF

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 revisi skripsi-converted.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
BAB 2 REVISI skripsi-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 REVISI skripsi-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4 revisi skripsi-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5 BARU-converted.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTRA PUSTAKA Skripsi-converted.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Dinas Pendidikan Kota Surabaya membuat sebuah inovasi kebijakan Pendidikan Inklusif. Inovas kebijakan tersebut ialah menciptakan sebuah Pendidikan yang sama rata tanpa ada perbedaan dan membantu Anak Berkeburuhan Khusus bisa bersekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Surabaya. Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif ini adalah untuk bentuk pemerataan dan bentuk perwujudan pendidikan tanpa diskriminasi dimana anak berkebutuhan khusus dan anak-anak pada umumnya dapat memperoleh pendidikan yang sama. Dalam pendidikan inklusi anak berkebutuhan khusus tidak mendapat perlakuan khusus ataupun hak-hak istimewa, melainkan persamaan hak dan kewajiban yang sama dengan peserta didik lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan, memahami, dan menganalisis secara mendalam kebijakan pendidikan inklusif di SMA Negeri 10 Surabaya. Fokus yang diguankan menentukan sasaran kajian adalah Peraturan Gubernur Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Peyelenggaraan Pendidikan Inkluisf yang yaitu: Penerimaan Siswa Anak Berkebutuhan Khusus, Jenis Kebutuhan dan Sarana Prasarana, Guru Pembimbing Khusus, Kurikulum, Standar Operasional Prosedur, Pembiayaan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah Wawancara, Obeservasi, Dokumentasi. Hasil Penelitan adalah Sekolah inklusi merupakan salah satu bentuk pemerataan dan bentuk perwujudan pendidikan tanpa diskriminasi dimana anak berkebutuhan khusus dan anak-anak pada umumnya dapat memperoleh pendidikan yang sama. Dalam pendidikan inklusi anak berkebutuhan khusus tidak mendapat perlakuan khusus ataupun hak-hak istimewa, melainkan persamaan hak dan kewajiban yang sama dengan peserta didik lainnya. Kerjasama dari berbagai pihak baik itu pemerintah, pihak sekolah, dan masyarakat sangat berpengaruh dalam pelaksaannya, karena sekolah inklusi merupakan tantangan baru bagi pihak sekolah dan masyarakat. Dengan pelaksanaan sekolah inklusi ini diharapkan mampu menciptakan generasi penerus yang dapat memahami dan menerima segala bentuk perbedaan dan tidak menciptakan diskriminasi dalam kehidupan masyarakat kedepannya. Kata Kunci: Implementasi, Kebiajakan, Pendidikan Inklusif

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHERTATI, DIANANIDN0003016609UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1501-1521 Civil service
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Mujari Mujari
Date Deposited: 22 May 2021 09:08
Last Modified: 22 May 2021 09:08
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item