IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI DALAM MEMENUHI STANDAR KUALIFIKASI PENDIDIKAN BAGI GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN LUMAJANG

Kasih, Kiki Darma (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI DALAM MEMENUHI STANDAR KUALIFIKASI PENDIDIKAN BAGI GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover (2).pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2025.

Download (261kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2025.

Download (81kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2025.

Download (629kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2025.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang mana proses kualitas sumber daya itu sendiri merupakan serangkaian proses peningkatan kualitas pendidikan. Melalui peningkatan kompetensi guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang berupaya agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya standar kompetensi guru yang telah ditetapkan proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif. Hal ini juga dijelaskan dalam Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan program peningkatan kompetensi yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang dalam memenuhi standar kualifikasi pendidikan bagi guru Pegawai Negeri Sipil yang ada di Kabupaten Lumajang melalui empat indikator dari Edward III dalam kajian mengukur keberhasilan implementasi program. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang sudah menginformasikan terhadap para peserta kegiatan dengan baik. Selain itu, sumberdaya sudah diciptakan dan dibentuk sedemikian rupa. Disposisi dalam peningkatan program sudah berkaitan dengan ketanggapan sebagai sikap dan perilaku Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang terhadap target pelaksanaan. Serta stuktur birokrasi yang diterapkan sesuai dengan Standar Operating Procedure (SOP). Kata Kunci : Implementasi, peningkatan kompetensi, standar kualifikasi, guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKriswibowo, ArimurtiNIDN0022078902arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Subjects: J Political Science > JA Political science (General) > JA51 Public management
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Kiki Darma Kasih
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:40
Last Modified: 18 Jan 2023 04:40
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item