ANALISIS KEDUDUKAN HUKUM BANK DIGITAL DI INDONESIA DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH YANG DIRUGIKAN

SUGITA, INDAH RAHMAWATI (2022) ANALISIS KEDUDUKAN HUKUM BANK DIGITAL DI INDONESIA DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH YANG DIRUGIKAN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text
Cover_18071010016.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1_18071010016.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2_18071010016.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2024.

Download (124kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3_18071010016.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2024.

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
bab 4_18071010016.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_18071010016.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_18071010016.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2024.

Download (1MB)

Abstract

Bank digital di Indonesia semakin marak seiring dengan mudahnya akses teknolgi yang berkembang pesat. Nasabah bank digital sendiri ternyata masih ditemukan adanya kerugian yang dialami dalam penyelenggaraan bank digital, salah satunya terkait adanya uang nasabah yang telah disimpan pada bank digital tersebut justru hilang. Persoalannya ialah bagaimana kedudukan hukum bank digital di Indonesia sekaligus perlindungan hukum terhadap nasabah bank digital yang dirugikan. Metode penelitian yang digunakan ialah yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank digital di Indonesia belum terdapat pengaturannya pada UU Perbankan. Pengaturannya hanya ditemukan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, yang notabenenya kekuatan hukumnya tersebut tidak bisa disamakan dengan undang-undang. Hal tersebut juga sama perihal perlindungan hukum terhadap nasabah bank digital yang dirugikan. UU Perlindungan Konsumen dan UU Perbankan tidak mengatur demikian, pengaturannya justru hanya ditemukan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan dengan tidak spesifik. Pemerintah perlu memperbaharui UU Perlindungan Konsumen, mengingat perkembangan teknologi yang pesat hingga kegiatan pelaku usaha dengan konsumen banyak terdigitalisasi. Prosedur layanan dan penyelesaian aduan oleh pihak bank harus lebih efisien dan efektif agar dapat sebagai pemberian perlindungan hukum terhadap nasabah bank digital. Masyarakat harus lebih berhati-hati dalam penggunaan bank digital, mengingat semain tersistematisnya kejahatan yang dapat merugikan nasabah iut sendiri. Keyword: Bank Digital, Kedudukan Hukum, Perlindungan Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMTVM, SRI MAHARANI0003087410RUNNEI2014@GMAIL.COM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: MISS INDAH RAHMAWATI SUGITA
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:30
Last Modified: 03 Oct 2022 08:30
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item