PERSEPSI PENGGUNA CAROUSELL TERHADAP APLIKASI BELANJA ONLINE CAROUSELL (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Pengguna Carousell Terhadap Aplikasi Belanja Online Carousell Di Surabaya)

WATI, CICIK AMBAR (2022) PERSEPSI PENGGUNA CAROUSELL TERHADAP APLIKASI BELANJA ONLINE CAROUSELL (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Pengguna Carousell Terhadap Aplikasi Belanja Online Carousell Di Surabaya). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran' Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2024.

Download (627kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2024.

Download (325kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2024.

Download (742kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2024.

Download (1MB)

Abstract

CICIK AMBAR WATI, PERSEPSI PENGGUNA CAROUSELL TERHADAP APLIKASI BELANJA ONLINE CAROUSELL (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Pengguna Carousell Terhadap Aplikasi Belanja Online Carousell di Surabaya) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna terhadap aplikasi belanja online Carousell. Saat ini semakin terbukanya marketplace yang merambah pada penjualan barang bekas (preloved) atau secondhand menjadi trend baru dalam transaksi belanja online terutama pada aplikasi Carousell. Berdasakan Prelimenary Riset yang dilakuan peneliti penerimaan jual beli barang bekas (preloved) dalam aplikasi belanja online lebih diterima oleh kalangan muda daripada di kalangan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode deskriptif dilakukan untuk mendapatkan informasi yang bersifat luas dan mendalam mengenai bentuk Atribut Toko Online dalam aplikasi Carousell lalu dibagi menjadi Persepsi berdasarkan Seller dan Persepsi berdasarkan Buyer. Pengguna merupakan masyarakat Surabaya yang melakukan transaksi jual beli melalui aplikasi ini karena peneliti ingin menggali lebih dalam mengenai pengalaman informan ketika berbelanja di Carousell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Surabaya menilai aplikasi belanja online Carousell berdasarkan jawaban informan dibagi menjadi Persepsi pengguna sebagai seller dan Persepsi pengguna sebagai buyer. Dapat disimpulkan bahwa persepsi sebagai seller menganggap aplikasi belanja online Carousell memiliki market yang berbeda dibandingkan e-commerce lainnya yaitu dengan konsep jual beli barang bekas (preloved) atau secondhand dan barang. Sedangkan persepsi menurut Buyer menganggap aplikasi Carousell sebagai aplikasi untuk membeli barang dengan kondisi baik tetapi memiliki harga yang murah. Didasarkan pada beberapa faktor yaitu Merchandise, Customer Service & Promotion, Navigation & Convinience, Security. Sementara dalam hal ini terdapat indikator tambahan yaitu Potensi Penipuan dan Penanganan. Ternyata Potensi Penipuan dan Penanganan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam bertransaksi. Kata Kunci: Persepsi Pengguna, Atribut Toko Online, Carousell

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyifa, Syarifah AlamiyahNIDN0724038403UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:08
Last Modified: 19 Jul 2022 02:08
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7652

Actions (login required)

View Item View Item