REPRESENTASI KAMPANYE GELAP DALAM FILM "TILIK" (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP REPRESENTASI KAMPANYE GELAP DALAM FILM "TILIK")

ZUHRI, MOCHAMAD FERNANDA ABUZAR (2022) REPRESENTASI KAMPANYE GELAP DALAM FILM "TILIK" (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP REPRESENTASI KAMPANYE GELAP DALAM FILM "TILIK"). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text
17043010004_COVER_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17043010004_BAB_I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
17043010004_BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2024.

Download (508kB)
[img] Text
17043010004 BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2024.

Download (865kB)
[img] Text (Bab 5)
17043010004_BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2024.

Download (371kB)
[img] Text (Bab 4)
17043010004_BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17043010004_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17043010004_LAMPIRAN.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Mochamad Fernanda Abuzar Zuhri : Representasi Kampanye Gelap Dalam Film “Tilik” Studi Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Kampanye Gelap pada Film “Tilik” Desas-desus isu kampanye gelap pada pemilihan umum di Indonesia makin tahun tidak makin berkurang namun malah sering terdengar. Masalah ini menjadi persoalan yang krusial mengingat bahwa kampanye gelap adalah suatu tindak pidana yang dilarang oleh undang-undang di Republik Indoensia. Media penyebaran kampanye gelap politik sangat bermacam-macam, dibarengi dengan pesatnya laju informasi di sosial media yang dapat juga memudahkan aksi kampanye gelap menggunakan berbagai platform sosial media. Film “Tilik” adalah serial film pendek yang sempat meramaikan jagad maya Indonesia. Film ini viral karena adanya tokoh sentral yang bernama “Bu Tedjo” yang dinilai merepresentasikan “emak-emak” khas Indonesia. Sempat merajai trending diberbagai platform sosial media di Indonesia film ini memuat berbagai isu mulai dari stereotip perempuan hingga isu kampanye gelap politik di Indonesia. Isu kampanye gelap politik menjadi salah satu isu yang banyak diperbincangkan karena film ini dianggap mampu menampikan wajah politik Indonesia dengan sudut pandang yang berbeda. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna dari representasi isu kampanye gelap yang ditampilkan pada film ini dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimanakah konstruksi kampanye gelap digambarkan melalui film ini. Kata Kunci : Kampanye gelap, Film “Tilik”, Representasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSuratnoaji, CaturNIDN0718046802UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: MOCHAMAD FERNANDA ABUZAR ZUHRI ZUHRI
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:30
Last Modified: 14 Jan 2022 06:30
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item