FANDOM K-POP DAN MEDIA SOSIAL ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Penggunaan Media Sosial Twitter oleh Akun Fanbase @ToolKit dan Fanbase TWICE di Indonesia )

PUTERI, ANDINI SABRINA (2021) FANDOM K-POP DAN MEDIA SOSIAL ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Penggunaan Media Sosial Twitter oleh Akun Fanbase @ToolKit dan Fanbase TWICE di Indonesia ). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 14 October 2023.

Download (199kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 14 October 2023.

Download (179kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 14 October 2023.

Download (388kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 14 October 2023.

Download (181kB)

Abstract

Korean Wave pada dasarnya adalah salah satu upaya yang digencarkan pemerintah Korea pada tahun 1994 untuk mewujudkan visi nasional dan sasaran strategi pembangunan negara, yaitu globalisasi. Dengan memanfaatkan internet dan teknologi informasi sebagai alat penggerak utama Penelitian ini menggunakan metodologi yang bersifat kualitatif. Menurut Bodgan dan Taylor dalam Moleong (2008:4) mendefinisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Peneliti melakukan observasi atau pengamatan melalui akun-akun twitter informan. Hal ini dilakukan, untuk mengetahui aktivitas apa saja yang ada di akun twitternya yang berhubungan dengan rumusan masalah. Sedangkan untuk memilih teks yang teliti, digunakan teknik Maximum Variation Sampling milik Patton Melihat fenomena munculnya K-Pop dandengan beragam aktivitas virtual yang seiring dengan perkembangan teknologi melalui berbagai macam media sosial. Media sosial Twitter adalah salah satu media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat saat ini, terutama pengguna sosial media. Hal ini dimanfaatkan sekelompok fanbase dan fandom untuk saling berinteraksi. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti sebuah kelompok fans dari Girlband Korea TWICE yang disebut ONCE. Sasaran utama yaitu Admin Fanbase menggunakan media sosial twitter. Secara garis besar, aktifitas-aktifitas yang dilakukan fanbase dalam menggunakan media sosial twitter ini bisa menjadi sarana bagi sebuah akun fanbase untuk menunjukkan reaksi terhadap feeding (memberi asupan informasi berupa berita, foto, jadwal terbaru idolanya), atau menunjukkan emosi seperti kecintaan, kepedulian, perhatian, pujian, kerinduan, dan seterusnya terhadap TWICE tanpa mempedulikan apakah akan ditanggapi atau tidak. Kata Kunci : K-Pop, Twitter, Fanbase, Fandom, Deskriptif Kualitatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDALAMIYAH, SYIFA SYARIFAHNIDN0724038403UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:36
Last Modified: 14 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item