ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAY OLD DUCK (DOD) DI DESA MODOPURO KABUPATEN MOJOKERTO

IRAWATI, VIVI (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAY OLD DUCK (DOD) DI DESA MODOPURO KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB I)
1.PDF

Download (226kB) | Preview
[img] Other (BAB II)
2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Other (BAB III)
3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Other (BAB IV)
4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img]
Preview
Other (BAB V)
5.PDF

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (290kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAY OLD DUCK (DOD) DI DESA MODOPURO KABUPATEN MOJOKERTO Vivi Irawati1, Sri Widayanti2, Wahyu Santoso3 Fakultas Pertanian UPN ”Veteran” Jawa Timur, Surabaya ABSTRAK Pengembangan kegiatan pemasaran Day Old Duck (DOD) di Desa Modopuro, Kabupaten Mojokerto dapat dilakukan dengan memilih saluran pemasaran yang paling efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pola saluran dan fungsi pemasaran DOD, untuk menganalisis besarnya margin pada tiap lembaga pemasaran DOD, untuk menganalisis tingkat efisiensi pemasaran DOD pada tiap saluran dan untuk menganalisis elastisitas transmisi harga DOD. Penentuan sampel penetas telur itik dan lembaga pemasaran dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel secara sengaja. Efisiensi pemasaran dapat dianalisis dengan melihat saluran dan fungsi pemasaran, margin pemasaran dan besarnya nilai elastisitas trasmisi harga, sedangkan untuk menganalisis tingkat efisiesi pemasaran menggunakan metode farmer’s share dan marketing efficiency index. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran DOD di Desa Modopuro, yakni saluran I : penetas – pengepul – konsumen, saluran II : penetas – konsumen, saluran III : penetas – pedagang pengecer – konsumen, saluran IV : penetas – pengepul – pedagang pengecer – konsumen. Lembaga pada tiap saluran pemasaran DOD, berbeda-beda dalam menjalankan aktivitas dari fungsi pemasaran. Secara berturut-turut besarnya margin pemasaran pada keempat saluran tersebut yakni Rp 4.500/ekor, Rp -/ekor, Rp 1.500/ekor, dan Rp 5.500/ekor. Nilai farmers’ share menunjukkan jika keempat saluran pemasaran telah efisien. Adapun dari analisis tingkat efisiensi pemasaran diketahui bahwa saluran II merupakan saluran pemasaran DOD yang paling efisien dengan nilai ME 31, disusul saluran III sebesar 27, saluran I sebesar 26, dan saluran IV merupakan saluran pemasaran DOD yang memiliki tingkat efisiensi terendah dengan nilai 15. Elastisitas transmisi harga DOD sebesar 0,875. Artinya, laju perubahan harga ditingkat penetas lebih kecil daripada laju perubahan harga ditingkat pedagang pengecer. Kata kunci : DOD, efisiensi pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSANTOSO, WAHYUNIDN0725098301UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic Planning
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 19 Aug 2021 15:16
Last Modified: 19 Aug 2021 15:16
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item